Sukses

Politik 'Meja Makan' Gibran Bikin Puan 'Ketagihan'

Liputan6.com, Solo - Usai sarapan pagi bersama dengan Anies Baswedan, kini Ketua DPR RI Puan Maharani kembali mengajak Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk makan siang bersama. Selama tiga hari, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu telah mengajak putra sulung Presiden Jokowi itu makan siang sebanyak dua kali.

Puan mengajak makan siang bersama usai mengikuti pembukaan Munas HIPMI XVII yang dihadiri Presiden Jokowi di Hotel Alila Solo, Senin (21/11/2022). Putri Megawati Soekarnoputri itu meninggalkan lokasi acara dengan mengajak Gibran. Mereka pun duduk satu mobil menuju rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Sesampainya di rumah dinas, Puan Maharani dan Gibran masuk ke ruang makan di bagian dalam eks rumah dinas Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo. Selain Wali Kota Solo, kegiatan makan siang bersama juga diikuti sejumlah kepala daerah yang diusung partai berlambang kepala banteng di wilayah Solo Raya.

Selain kepala daerah, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau kerap disapa Bambang Pacul dan pengusaha muda Raja Sapta Oktohari mengikuti makan siang bersama. Sementara itu, mantan Wali Kota Semarang, Hendra Prihardi yang kini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tampak datang menyusul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Makan Siang Selama 2 Jam

Makan siang yang dimulai pukul 11.30 WIB berlangsung hampir dua jam. Usai makan siang, Ketua DPR RI didampingi Gibran dan Raja Sapta Oktohari tampak keluar dari rumah dinas. Puan membeberkan bahwa kegiatannya bersama Gibran hanya untuk makan siang bersama dan diskusi santai.

“Ngobrol macam-macam lah. Ngobrol makanan, (tadi makan) tengkleng, sate bunthel, sayur lodeh, ikan asin, terus ayam goreng kesukaan saya. Tapi serabinya belum ada,” kata Puan saat ditemui wartawan usai makan siang bersama di Loji Gandrung, Senin (21/11/2022).

Selain makan siang bersama, Puan mengaku sempat membahas perkembangan Kota Solo setelah dipimpin putra sulung Presiden Jokowi itu. Menurutnya, Solo telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bahkan, Solo bakal menjadi salah satu venue untuk pertandingan Piala Dunia U-20 yang bakal digelar tahun depan.

“Yang diobrolin soal Solo gimana, sekarang sudah bangun apa, mau ngapain. Katanya mau ada perlombaan pertandingan U-20 tahun depan ya,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Dua Kali Makan Siang

Namun, ketika mencoba menanyakan terkait rencana pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep kepada Gibran, Puan alangkah kagetnya karena sang wali kota itu mengaku tidak tahu. Hal ini disebabkan Gibran masih fokus melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo sehingga belum bisa ikut campur soal urusan pernikahan Kaesang dengan Erina.

"Gimana rencana mau pernikahan Mas Kaesang? Tapi waktu saya tanya itu enggak tahu, belum ngurusin karena masih sibuk kerja gitu, iya kan?" kata Puan yang diamini Gibran.

Lantas ia pun menganggap hubungannya dengan suami Selvi Ananda itu tidak hanya antara ketua legislatif dengan eksekutif di Pemerintah Kota Solo tetapi sudah seperti hubungan saudara. Sehingga, hal ini wajar jika dirinya sering mengajak makan bersama dengan Gibran.

“Ini bukan cuma wali kota dengan DPR tapi ini kakak adik juga diundang makan santai di rumah wali kota,” ujar dia.

Sedangkan, ketika disinggung kegiatan sarapan pagi bersama yang dilakukan Gibran dengan capres yang diusung Partai Nasdem, Anies Baswedan dengan Gibran, ia pun menanggapinya santai dan tidak ambil pusiing. "Kan cuma makan pagi ya. Saya juga kemarin makan siang dengan Mas Gibran dan sekarang makan siang lagi dengan Mas Gibran,” kata dia.

Seperti diketahui, makan siang bersama antara Puan dan Gibran merupakan yang kedua kalinya dalam tiga hari. Sebelumnya, Puan dan Gibran juga makan siang bersama usai menghadiri pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (19/11/2022) lalu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS