Sukses

Sholawat Munjiyat, Bacaan Latin, Arti, serta Keutamaannya

Salah satu bacaan salawat yang bisa diamalkan oleh umat muslim adalah Sholawat Munjiyat.

Liputan6.com, Bandung - Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk membaca sholawat. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Seperti diketahui, saat ini para umat muslim tengah merayakan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW dan salah satu amalan untuk merayakannya adalah memperbanyak membaca sholawat.

Salah satu bacaan sholawat yang bisa diamalkan oleh umat muslim adalah Sholawat Munjiyat yang merupakan salawat yang diciptakan oleh Ulama Sufi bertariqat Asy-Syadzili yaitu Syaikh Shalih Musa Al-Dharir.

Berikut Bacaan untuk Sholawat Munjiyat dilansir dari situs Nu.or.id.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

(Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât).

Artinya adalah: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibaca sebagai Zikir

Adapun bacaan dari sholawat Munjiyat ini dianjurkan agar dibaca sebagai dzikir terutama sesudah melaksanakan salat hajat dan sholawat ini dengan harapan agar hajat yang diinginkan pun bisa segera terpenuhi.

Seperti diungkapkan oleh Ustaz Muhammad Al-Habsy, bahwa para ulama pun menyarankan Sholawat Munjiyat ini terutama ketika ada hajat.

“Kata para ulama sholawat Munjiyat ini kalau ada hajat dibaca 1000 kali,” ungkapnya.

Ustaz Muhammad Al-Habsyi juga dalam kanal YouTube-nya tersebut membahas mengenai keutamaan Sholawat Munjiyat salah satunya sebagai penyelamat, bahkan arti dari Munjiyat pun mempunyai arti penyelamat.

“Munjiyat itu artinya penyelamat,” ujar Al-Habsyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.