Sukses

BSU Tahap 2 Segera Cair, Berikut 5 Ide Bisnis Modal Rp600 Ribu

Liputan6.com, Bandung - Bantuan subsidi upah (BSU) yang disalurkan pemerintah diharapkan tepat sasaran dan dapat membantu kehidupan para pekerja dan keluarga. Penerima BSU sendiri merupakan pekerja yang memenuhi kriteria Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021.

Adapun BSU tahap 2 akan cair dalam waktu dekat. Pemerintah memberikan BSU atau subsidi gaji sebesar Rp600.000 per pekerja guna memenuhi kebutuhan hidup akibat naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pada 3 September lalu.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melaporkan saat ini pihaknya telah menerima 2.406.915 atau 2,4 juta data calon penerima BSU tahap kedua dari BPJS Ketenagakerjaan.

Uang sebesar Rp600 ribu jangan dianggap kecil. Jika pandai melihat situasi, ada beberapa usaha yang bisa dibangun menggunakan uang BSU 2022 senilai Rp600 ribu, yang disalurkan oleh Kemnaker untuk para karyawan atau buruh.

Berikut Liputan6.com sajikan ide bisnis menggunakan modal BSU dengan keuntungan yang menggiurkan. Tapi, cara memulai usaha ini harus dengan minat yang sesuai bidang Anda, dan hindari memilih usaha yang tidak sesuai dengan minat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Bisnis Kaos Pre Order

Jika hendak memulai bisnis pakaian kecil-kecilan, mulailah dengan membuka bisnis berjualan kaos secara pre order. Sebab, industri fesyen memang selalu berkembang dan tidak pernah mati sehingga bisa menjadi salah satu ide bisnis modal kecil untung besar.

Dengan sistem pre order kaos, pakaian hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

3 dari 6 halaman

2. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Jangan malu merintis usaha kecil-kecilan. Dengan modal kecil, tetapi hati senang itu juga tanda sebuah berkah. Seperti misalnya berjualan camilan atau makanan ringan.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Modal Rp600 ribu, bisa diakali dengan membuat camilan terdiri dari berbagai variasi. Selain itu, Anda dapat mulai menjajakan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

4 dari 6 halaman

3. Usaha Jastip

Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis modal kecil untung besar yang menarik. Modal yang harus dimiliki juga tidak begitu besar. Keuntungan yang didapat dari jasa titip yang membelikan barang titipan tersebut.

Contoh jastip misalnya, kosmetik, makanan, furnitur, pakaian, hingga mainan anak. Dalam usaha jasa titip ini modalnya kecil, hanya perlu kepercayaan dari pembeli untuk titip beli di Anda.

5 dari 6 halaman

4. Laundry Sepatu

Bisnis laundry sepatu saat ini cukup menjamur di kota-kota besar. Bisnis ini cukup laku walaupun dengan modal yang tidak besar. Dengan Rp600 ribu, Anda bisa membeli sabun dan peralatan laundry sepatu. Lalu Anda bisa memulai bisnis ini secara online tanpa perlu membuka toko, atau Anda bisa menjalankan bisnis ini di rumah kamu sendiri.

6 dari 6 halaman

5. Jasa Penulis Artikel

Carilah keluarga atau teman-teman kamu yang mahir dalam mengetik, kemudian buatlah agensi kecil-kecilan yang menyediakan jasa penulisan artikel. Incar para karyawan, mahasiswa, pengusaha yang membutuhkan jasa pengetikan dokumen. Tetapkan harga yang bersaing agar jasa penulisan kamu selalu menjadi pilihan orang yang sedang mencari jasa penulisan artikel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.