Sukses

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental. Simak di sini!

Liputan6.com, Solo - Kesehatan mental menjadi penting bagi setiap orang karena menentukan taraf kebahagiaan. Jangan biarkan kesehatan mental terganggu sehingga mempengaruhi semua hal yang dalam kehidupan.

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Sehingga efeknya akan berpengaruh kepada suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan menikmati hidup dengan utuh.

Berikut rangkuman Liputan6.com mengutip dari Halodoc soal tips sederhana menjaga kesehatan mental:

1. Katakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berfikir tentang diri kamu sendiri menunjukkan bahwa bisa menunjukkan efek yang kuat pada kondisi kejiwaan kita. Karena jika kita memandang hidup kita secara negatif, hal itu akan juga memberikan dampak negatif pada kita. Namun, sebaliknya apabila kita menggunakan kata-kata positif semua akan membuat kamu lebih optimis.

2. Tuliskan Rasa Syukur

Bersyukur selalu dikaitkan dengan kesejahteraan, kualitas mental, dan kebahagian. Cara sederhana meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan cara membuat sebuah jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap hari. Secara umum itu adalah salah satu perenungan arau ungkapan terima kasih secara efektif atas apa yang terjadi dalam seseorang. Namun, hal itu perlu dilakukan sesering mungkin, lantaran manfaatnya adalah untuk jangka panjang, mulai bisa direnungkan hal positif yang wajib disyukuri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Fokus

3. Fokus 

Tujuan utama lebih fokus untuk melepaskan energi atau apapun emosi negatif atau sulit dalam pengalaman masa lalu yang membebani. Mulai membiasakan diri dengan hal-hal yang menyadarkan diri, seperti mandi, makan siang, dan berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa, dari pengalaman ini akan membantu kita untuk fokus. Saaat fikiran berada di luar fikiran kita atau kamu merasakan overthinking, makan kamu bisa bawa kembali apa yang kini kamu lakukan, itu akan membuat perasaan lebih baik.

4. Olah Raga

Dengan melakukan olah raga tubuh kita akan mengeluarkan endorfin yang akan membantu membuang stres dan meningkatkan suasana hati seseorang sebelum dan sesudah berolah raga. Karena, olah raga adalah penangkal stres, kecemasa, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olah raga, seperti naik tangga dan berjalan kaki di tempat. Rasakan manfaat maksimalnya bisa melakukan olah raga selama kurang lebih 30 menit setiap hari dan lakukan di luar ruangan. Sinar matahari membantu memberikan asupan vitamin D yang membantu meningkatkan serotonin otak.

5. Konsumsi Makanan Enak

Selain memberikan nutrisi pada tubuh, mengkonsumsi makanan enak dan lezat bisa memberikan efek sehat baik pada otak. Karbohidrat dalam jumlah yang pas akan membuat Serotonin otak, bahan kimia yang memiliki efek menenangkan suasana hati. Dan makanan kaya protein membuat kamu tetap waspada.

Tak hanya itu, ada sayuran dan buah-buahan yang bisa membantu otak mempengaruhi suasana hati, jangan lupa sertakan makan yang dilengkapi asam tak jenuh ganda, dengan omega-3 yang bisa ditemukan pada ikan, kacang-kacangan dan juga biji rami. Nutrisi yang dihasilkan oleh makanan itu bisa meningkatkan suasana hati, dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan sebagai fungsi kognitif.

6. Cerita dengan Seseorang

Dengan bercerita secara terbuka kepada seseorang itu akan membuat kamu merasa dihargai jika mereka mendengarkan cerita terbukamu, hal itu adalah penting untuk kamu berfikir positif. Mulai belajar terbuka kepada orang lain yang bisa membuat kamu bisa semakin termotivasi mendapat dukungan positif yang bisa membawa kamu lebih mengenal diri sendiri, hal itu bisa dengan keluarga, sahabat, atau teman. 

7. Berbuat Baik

Kamu bisa melakukan hal baik kepada orang lain, karena penelitian menyebutkan dengan berbuat baik atau membantu orang lain memilik efek menguntungkan pada perasaan kamu tentang diri sendiri. Maknanya adalah memperkaya dan memperluas hidupmu.

8. Istirahat

Ketika merasa pekerjaan terlalu banyak, menjauhlah dan lakukan apapun yang membuat kamu semakin stres, setidaknya kamu semakin merasa lebih baik. Bisa mulai lakukan dengan pernafasan sederhana dengan cara tutup mata dengan 10 tarikan nafas dalam-dalam. Bisa dilakukan dengan sekali tarikan nafas dihitung smapai empat, dan hal sama pada saat buang nafas, cara ini sangat bekerja baik untuk membuat kamu melawan stres.

9. Tidur Tepat Waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur akan memberikan efek kurang baik atau negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari, hindari bermain gadget sebelum tidur dan mengurangi mengkonsumsi menuman berkafein pada saat pagi hari. 

Nah di atas adalah langkah-langkah atau tips  sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi metal kita, bukankan apabila menjaga kesehatan mental seperti di atas sangat mudah dilakukan? kamu hanya perlu membiasakan diri melakukannya dengan penuh ketelatenan untuk manfaat jangka panjang untuk dirimu. 

Jika kamu merasa kesehatan mental kamu sedang turun, dan kamu tidak tahu cara tepat untuk segera memperbaiki kondisi tersebut, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dengan psikolog . Semoga artikel di atas bermanfaat ya.....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini