Sukses

Tips Melatih Kepekaan Sosial Anak

Membutuhkan kesabaran dalam mengasuh dan mendidik anak agar bisa peka terhadap kondisi sosial

Liputan6.com, Jakarta - Merangsang pertumbuhan motorik anak dinilai sangat penting dilakukan oleh orangtua dalam setiap mendampingi pertumbuhan anak. 

Terlebih lagi kepentingan melatih kepekaan anak pun perlu turut diperhatikan. Lantas bagaimana cara untuk melatih kepekaan sosial anak yang disisipi melalui kegiatan yang dapat dilakukan dirumah. 

Berikut kami berikan tips dihimpun dari sejumlah sumber.

Berlatih Mendongeng

Kegiatan membaca bagi sebagian anak tentu saja menjadi hal yang membosankan dan seringkali mereka akan menolak jika sudah disuruh membaca buku. Padahal, membaca buku adalah hal yang harus dilakukan demi meningkatkan literasi anak.

Namun, hal itu bisa disiasati kok. Kamu bisa nih melakukan kegiatan seru dalam membaca seperti mengajak anak untuk mendongeng bersama. Tidak hanya sekadar membaca keras buku dongeng, tetapi juga memperagakannya.

Anda bisa juga untuk mengajak anak membuat alat-alat peraga, seperti wayang-wayangan. Tidak perlu ribet, cetak saja gambar-gambar hemat hingga kartun lucu lalu gunakan sumpit atau tusuk sate untuk menjadi kayu peraganya. Dijamin, itu akan seru dan anak-anak tidak akan bosan deh!

Camping di Rumah

Karena bisa berisiko untuk mengajak anak ke tempat umum bahkan untuk sekadar ke alam terbuka, anda bisa loh melakukan kemah sederhana di rumah. Beli saja tenda kecil yang lucu dan dirikan di dalam rumah atau halaman rumah.

Supaya camping seolah nyata dan benar-benar di alam terbuka, anda bisa mendirikan api unggun sederhana lalu siapkan bahan-bahan makanan untuk dipanggang. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan dan membuat anak-anak bahagia.

Menonton Film Bersama

Anak-anak akan menyukai jika menonton kartun ditemani oleh orang tuanya. Dia merasa tidak sendiri dan didampingi. Setelah menonton film kartun tersebut, bisa loh ! ajak anak diskusi mengenai alur ceritanya.

Pancing juga si anak untuk menceritakan kembali sesuai dengan apa yang mereka tangkap selama menonton film. Hal ini bisa melatih mereka untuk mengingat hal-hal yang baru mereka tonton dan berbicara di depan orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengirim Surat ke Teman

Di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi, berkirim surat rasanya sudah tidak eksis lagi ya? Padahal kegiatan itu sangat seru, terlebih jika mendapat sahabat pena dari berbagai kota.

Nah, mumpung keadaan tidak mendukung untuk sering-sering keluar rumah, anda bisa loh mengenalkan anak terhadap kegiatan berkirim surat. Anda juga bisa mengenalkan apa itu perangko, tukang pos, hingga istilah filateli.

Sebagai awalan, anda bisa meminta si anak untuk berkirim surat ke teman dekatnya di sekolah yang rumahnya tidak jauh.

Olahraga Bersama 

Kegiatan berolahraga akan seru jika memang dilakukan bersama. Saat Sahabat sudah terbiasa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti senam pagi hingga jogging di lingkungan rumah, si anak juga pasti akan ikut. Jika mereka merasa malas, bisa kok untuk dijelaskan bahwa berolahraga itu penting bagi tubuh supaya selalu sehat.

Eksperimen di Dapur

Memasak dan kegiatan lain di dapur sering kali menyita perhatian anak-anak. Nah, sata anak-anak merasa kepo dengan hal tersebut, bisa anda manfaatkan ya untuk menjadikan memasak sebagai kegiatan seru saat liburan.

Ajarkan anak-anak dengan perlahan mengenai bumbu dapur. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat kue-kuean lucu yang akan membuat mereka bangga saat kue tersebut sudah jadi.

Berkebun

Sekarang sedang musim sekali ya menanam tanaman di pot atau kebun kecil di samping rumah. Kegiatan ini bisa juga menjadi referensi ide kegiatan liburan anak di rumah loh. Dengan berkebun, anda juga bisa memberikan penjelasan bahwa tanaman itu penting bagi bumi sehingga mereka akan lebih aware dengan lingkungan.

Itulah ide kegiatan liburan anak di rumah yang bisa Sahabat terapkan. Dijamin deh, anak-anak tidak merasa bosan di rumah. Dan tentu saja, kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat Sahabat lebih dekat dengan anak ya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.