Sukses

Saat Pengendara Berhenti di Lampu Merah Cirebon, Hormat Saat Merah Putih Berkibar

Liputan6.com, Cirebon Ratusan kendaraan yang melintas di perempatan Gunung Sari Kota Cirebon mendadak berhenti sejenak. Petugas polisi pun berjaga di setiap sudut lampu merah dari berbagai arah dalam Kota Cirebon.

Para pengendara bersama TNI/ Polri berhenti untuk mengikuti kegiatan penghormatan kepada bendera Merah Putih. Tepatnya pukul 10.00 WIB, salah seorang petugas membawa bendera ke tengah jalan di perempatan lampu merah Gunung Sari Kota Cirebon. 

Para petugas Polisi dan TNI yang sudah siaga di titip lampu merah perempatan meminta pengendara turun sejenak. Penghormatan kepada bendera Merah Putih kemudian dilakukan hanya beberapa detik. 

Mereka mengenang peristiwa detik-detik proklamasi. Kemudian pengendara dipersilahkan kembali beraktifitas seperti biasa. 

"Dalam rangka menyemarakan kemerdekaan Indonesia kami dari unsur TNI dan Polri membagikan bendera kepada masyarakat sebanyak 10 ribu bendera sedangkan se Indonesia TNI dan Polri membagikan bendera sebanyak 10 juta," ungka Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP Triyono Raharja Rabu (17/8/2022).

Dia mengatakan, pada kesempatan ini unsur TNI dan Polri membagikan 10 ribu bendera merah putih kepada masyarakat yang dilaksanakan disejumlah titik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Respons Pengendara

Diungkapkannya, kegiatan serupa juga dilakukan disejumlah titik lampu merah. Seperti perempatan Kejaksan, perempatan Pekiringan dan Laptri Cipto Mangungkusumo Kota Cirebon.

"Masyarakat sangat antusias dan sadar turun dari kendaraannya dengan melakukan penghormatan kepada merah putih," paparnya.

Sementara itu salah seorang warga Bambang Yudi Setiawan mengungkapkan rasa harunya atas apa yang dilakukan di perempatan Gunungsari meskipun terik panas matahari dirasa menyengat kulit.

"Saya baru pertama kali bisa berpartisipasi hormat ditengah jalan buat memperingati detik-detik proklamasi," ungkapnya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS