Sukses

Membangkitkan Jiwa Nasionalisme di Lingkungan Lapas

Mengingatkan kita generasi penerus ini akan perjuangan para pahlawan.

Liputan6.com, Bekasi - Ziarah dan tabur bunga serentak dilakukan seluruh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di taman makam pahlawan berbagai daerah. Kegiatan ini guna menyambut peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77.

Salah satunya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi dan Lapas Cikarang beserta jajaran, yang melakukan acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan yang diisi dengan upacara pemberian penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur, berlangsung dengan penuh khidmat. Tabur bunga ini menjadi momentum untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang memberikan kontribusi besar bagi negeri ini.

"Kegiatan ini untuk mengingatkan kita generasi penerus ini akan perjuangan para pahlawan, baik pahlawan nasional maupun pahlawan di lingkungan Kemenkumham," kata Kalapas Kelas II A Bekasi, Bulak Kapal, Hensah, saat dikonfirmasi, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya, kegiatan ziarah dan tabur bunga merupakan agenda rutin tahunan di seluruh lingkungan Kemenkumham dalam menyambut HDKD. Melalui kegiatan ini, kata Hensah, para pegawai diingatkan kembali tentang kerasnya perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini.

"Sehingga memotivasi kita untuk memberikan semangat sebagai generasi penerus. Jangan sampai perjuangan pendahulu kita tersia-siakan," imbuhnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi, Wahyu Hidayat menyampaikan, ada sekitar 60 personel yang hadir dalam kegiatan tabur bunga tersebut.

"Karena ini gabungan, ada sekitar enam puluhan. Masing-masing unit pelaksana teknis mengirimkan 15 orang karena keterbatasan tempat," ujarnya.

Wahyu menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangkitkan jiwa nasionalisme para pegawai di lingkungan Kemenkumhan, demi meningkatkan kinerja dalam membangun negara dan masyarakat.

"Untuk Insan pengayoman ini bisa memberikan dan melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, baik itu di bidang keimigrasian maupun kemasyarakatan," paparnya.

Wahyu menambahkan, rangkaian kegiatan HDKD Ke-77 ini masih akan berlanjut, diantaranya ada kegiatan webinar, bakti sosial hingga perlombaan.

"Semua rangkaian itu puncaknya nanti pada tanggal 19 Agustus kita akan mengadakan upacara hari peringatan HDKD," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.