Sukses

Tema dan Logo HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022, Ketahui Juga Filosofinya

Panitia Nasional Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 telah merancang tema sekaligus logo HUT RI tahun ini. Mengutip Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, tema HUT ke-77 RI adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Liputan6.com, Denpasar - Indonesia akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77 pada 17 Agustus 2022. Peringatan HUT ini merupakan salah satu bentuk syukur Indonesia telah bebas dari belenggu penjajah.

Panitia Nasional Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 telah merancang tema sekaligus logo HUT RI tahun ini. Mengutip Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, tema HUT ke-77 RI adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Dari tema tersebut diturunkan menjadi tujuh gambaran besar, di antaranya semangat bangkit, bersinergi, harapan baik, pulih bersama, kuat, persatuan bangsa, dan percepatan.

Sementara itu, logo HUT ke-77 RI mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Hal tersebut merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Filosofi Logo

Logo HUT ke-77 RI memiliki tujuh filosofi. Berikut penjabarannya.

1. Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas Filosofi Kedua melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

3 dari 3 halaman

Link Download Logo

Logo HUT ke-77 RI dapat digunakan untuk membuat flyer, banner, atau bentuk media lainnya untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. 

Jika ingin mengunduhnya, Anda dapat menggunakan link berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.