Sukses

6 Tempat Angker di Cirebon yang Terkenal dengan Banyak Penampakan Makhluk Gaib

Bagi sebagian orang yang melintas di tempat tersebut, tak jarang kerap kali bulu kuduknya berdiri.

Liputan6.com, Cirebon Cirebon dikenal sebagai kota wali dan menjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa Barat yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati. 

Seiring berjalannya waktu, Cirebon kini bertransformasi menjadi daerah yang memiliki kekayaan kuliner dan juga sebagai pusat batik di Jawa Barat.

Di tengah perkembangannya, Cirebon juga memiliki sejumlah tempat yang dikenal dengan keangkerannya. Bagi sebagian orang yang melintas di tempat tersebut, tak jarang kerap kali bulu kuduknya berdiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam tempat angker di Cirebon dengan cerita mistisnya.

Hotel di Gunungsari

Hotel yang berada di Gunungsari Kota Cirebon dikenal memiliki energi mistis bagi siapa saja yang melintas di depannya. 

Dahulu bangunan tua yang kini tak terurus merupakan hotel yang ramai dengan para pengunjung karena lokasinya berada di pusat Kota Cirebon.

Kini lokasi tersebut hanya bangunan kosong dan terkesan tidak terurus. Sehingga, bagi siapa saja yang melihatnya akan terbawa suasana mistis. 

Banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat Cirebon, seperti adanya penampakan makhluk halus dan juga sering terdengar suara-suara mistis dari dalam hotel terbengkalai tersebut.

Stasiun Kaliwedi

Stasiun yang satu ini sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2007. Stasiun tersebut kosong dan hanya meninggalkan bangunan yang dipenuhi dengan tanaman rambat. Hal ini menambah suasana seram. 

Letaknya jauh dari permukiman warga, sehingga konon membuat bangunan stasiun ini menjadi tempat tinggal bagi makhluk gaib. 

Dari cerita yang beredar, lokasi ini juga dikenal adanya setan budek karena stasiun ini tidak memiliki sistem pemberitahuan akan datangnya kereta api.

Konon, jika ada yang melintas di stasiun ini para pengendara tidak mendengar adanya pemberitahuan datangnya kereta api. 

Sehingga tidak jarang terjadi kecelakaan yang di mana korbannya tewas di tempat. Konon, di stasiun ini banyak makhluk gaib yang menampakkan diri sehingga lokasi ini masuk ke dalam daftar tempat terseram di Cirebon.

Sungai Kriyan

Sungai yang berada di kampung Mandalangan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon menyimpan banyak misteri.

Banyak kejadian mistis di sungai yang satu ini. Masyarakat sekitar menceritakan tentang mitos siluman buaya putih.

Menurut cerita warga, sosok buaya putih itu merupakan kutukan anak Syamsudin Martawijaya dari Keraton Kasepuhan.

Banyak sekali kejadian aneh yang menggegerkan masyarakat Cirebon. Salah satunya orang hilang hingga penemuan jenazah di sungai. 

Bahkan, menurut warga sekitar penampakan buaya putih itu sering muncul di hadapan masyarakat. Hal inilah yang menjadikan tempat tersebut sebagai tempat terangker di Cirebon.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Goa Sunyaragi

Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Gua yang satu ini menyimpan banyak cerita kelam dan mistis. 

Gua ini pernah runtuh pada zaman peperangan, kemudian diperbaiki pada 1852 yang dibantu oleh arsitek andal dari China.

Namun, pada saat renovasi, terdapat dua arsitek yang dibunuh agar tidak membocorkan nilai-nilai bangunan kepada siapa pun.

Saat itu, mulai beredar cerita adanya gangguan dari arwah arsitek di saat wisatawan berkunjung pada malam hari.

Pohon Beringin Pagongan

Pohon beringin ini berada dekat pertigaan jalan Sukalila Kota Cirebon. Konon, banyak penampakan makhluk gaib dan bagi siapa pun yang melintasi jalan tersebut akan merasakan hal yang aneh.

Di belakang pohon itu, terdapat 4 buah sumur yang konon katanya dihuni banyak makhluk gaib. Tidak jarang, menurut masyarakat sekitar, banyak sekali penampakan dan suara-suara aneh dari keempat sumur tersebut.

Gedung Negara

Berlokasi di jalan Krucuk Kota Cirebon, gedung ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda 1865. Gedung tersebut konon menyimpan banyak cerita mistis yang menyelimuti keindahan aristekturnya.

Dahulu gedung ini seringkali dikunjungi oleh orang penting, salah satunya presiden pertama Indonesia Sukarno pernah menginap di Gedung Negara. 

Namun lambat laun, gedung ini menjadi sepi pengunjung sehingga menjadi bangunan yang terkesan angker.

Konon ketika malam tiba, seringkali adanya penampakan disertai dengan munculnya suara-suara yang tak masuk di akal. Hal inilah yang menjadikan Gedung Negara masuk dalam daftar tempat angker di Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.