Sukses

Gibran Pimpin Pelepasan Jenazah Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo

Liputan6.com, Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum mantan Wali Kota Solo, Kol Inf (Purn) Imam Soetopo di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Selasa (12/7/2022). Prosesi upacara penghormatan terakhir kepada jenazah Wali Kota Solo ke-14 itu dipimpin langsung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Mobil jenazah yang membawa jenazah Imam Soetopo tiba di Pendaphi Gedhe Balai Kota Solo pada pukul 08.30 WIB. Selanjutnya, peti jenazah dikeluarkan dari mobil jenazah oleh personel TNI dan Satpol PP untuk diangkat menuju tempat yang telah disiapkan di dalam Pendaphi Gedhe.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tampak berjalan menghampiri istri almarhum, Siswardinah Imam Soetopo yang turun dari mobil. Selanjutnya, putra sulung Presiden Jokowi itu pun mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya suami tercinta di RS Kasih Ibu Solo pada Senin (11/7/2022).

Gibran tampak terus mendampingi istri almarhum saat berjalan menuju ke dalam Pendapi Gede Balai Kota Solo. Sedangkan, sejumlah anggota keluarga mantan Wali Kota Solo meninggal itu terlihat berjalan di belakangnya.

Prosesi upacara penghormatan terakhir kepada jenazah mantan Wali Kota Solo yang menjabat pada tahun 1995–1999 itu diawali dengan serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada Pemkot Solo yang diwakili Gibran. Selanjutnya, Wali Kota Solo itu memimpin jalannya prosesi upacara penghormatan terakhir kepada almarhum.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tokoh Solo

Dalam sambutannya, Gibran mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya mantan Wali Kota Solo Kol Inf (Purn) Imam Soetopo. Menurutnya, adanya berita duka tersebut seluruh masyarakat Solo dan Pemkot Solo merasa kehilangan salah satu tokoh yang sangat besar jasanya dalam membangun Kota Solo.

"Beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, pintar dan memiliki kepribadian yang baik. Untuk itu, izinkan kami untuk mengucapkan terima kasih dan pernghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum dan keluarga besar almarhum," kata dia di hadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti upacara penghormatan terakhir.

Setelah prosesi upacara penghormatan selesai, selanjutnya Gibran kembali menghampiri istri almarhum Imam Soetopo untuk menyerahkan surat akta kematian. Suami Selvi Ananda itu juga kembali mendampingi Siswardinah Imam Soetopo untuk berjalan hingga menuju mobil.

Mereka berjalan di belakang peti jenazah yang dipanggul sejumlah personel TNI dan Satpol PP untuk dimasukkan ke dalam mobil jenazah. Jenazah dimakamkan secara militer di tempat pemakaman umum Astana Utara, Nayu, Nusukan, Banjarsari, Solo.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS