Sukses

Perkenalkan Raden, Sapi Pilihan Jokowi untuk Kurban di Sigi

Liputan6.com, Palu - Seekor sapi jenis Brahman dipilih Presiden Jokowi untuk dikurbankan di Sulawesi Tengah. Rencananya sapi itu akan disembelih di Kabupaten Sigi.

Sapi berwarna putih dengan berat 953 Kg itu dibeli dari peternak di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sebelumnya survei dan seleksi dilakukan pihak Dinas Peternakan setempat untuk memilih sapi yang layak jadi hewan kurban dengan standar kebersihan, bobot, dan kesehatan.

Syamsudin (67 th) pemilik peternakan sapi di Jalan Mente mengungkapkan sapi berjenis Brahman itu merupakan hasil kawin suntik dan telah berusia lebih dari 3 tahun.

"Nama sapi ini Raden. Senang sekali saya sapi ini dipilih pak Jokowi," Syamsudin mengatakan, Jumat (1/7/2022).

Sejak jadi pilihan Jokowi, Raden kini mendapat perlakuan spesial. Setiap pagi pekerja peternakan membawa Raden jalan berkeliling sebelum dimandikan pada siang hari. Sementara pakan, sapi yang muasalnya dari India itu hanya diberi pakan alami segar. Semua itu untuk menjaga kondisi Raden sebelum dikurbankan.

"Sapi ini juga tergolong tidak agresif bahkan lebih manja. Dia juga tidak mau makan pakan yang berbau," kata Syamsudin.

Rencananya Raden akan dikurbankan di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi. Dengan bobot yang hampir 1 ton itu, Syamsudin memerkirakan 500 kilogram daging bisa didapat dan dibagikan kepada warga yang berhak.

 

Simak Video Pilihan Ini: