Sukses

Pengemis Kaya di Gorontalo Kembali Kedapatan Bawa Proposal Masjid Palsu

Warga Kelurahan Ipilo, Kota Gorontalo ini, seakan tidak mengindahkan surat pernyataan yang ditandatanganinya sendiri.

Liputan6.com, Gorontalo - Lutfi Haryono (47) pengemis kaya sedang viral saat ini, beraksi lagi dengan membawa proposal masjid palsu. Warga Kelurahan Ipilo, Kota Gorontalo ini, seakan tidak mengindahkan surat pernyataan yang ditandatanganinya sendiri.

Dalam surat pernyataan tersebut, Lutfi berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya dengan membawa proposal masjid palsu. Untuk mengelabui petugas, Lutfi sendiri tidak lagi mengemis di Kota Gorontalo, melainkan di Kabupaten Gorontalo.

Namun, aksi pengemis yang memiliki uang ratusan juta itu, terendus petugas Kepolisian dan Dinas Sosial. Tidak menunggu waktu lama, petugas kemudian menjemputnya untuk dimintai keterangan.

Untuk mencegah perbuatan tak lagi diulangi, petugas dari dinas sosial menyita proposal masjid palsu yang kini berada di rumahnya. Bahkan, buku rekening yang berisi uang ratusan juta rupiah ditahan oleh Pemerintah Kelurahan. 

"Lutfi langsung dibawa ke rumah singgah yang berada di Kelurahan Molosipat U, Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo untuk dibida,” kata Kadis Sosial Kota Gorontalo Iskandar Moerad.

Menurutnya, selama di rumah singgah, pengemis kaya itu akan menerima pembinaan dan pendidikan berwirausaha. Jika nanti dirinya sudah keluar dari rumah singgah, seluruh uang dalam tabungan akan digunakan untuk usaha.

"Rencananya selama di rumah singgah ia akan diajarkan untuk terampil. Sementara, rekening pengemis itu kami titipkan ke pemerintah kelurahan," ungkapnya.

"Nanti setelah dia keluar uang itu akan diserahkan ke pihak keluarga Lutfi untuk dijadikan modal usaha," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.