Sukses

Jadi Lokasi Fieldtrip Peserta GPDRR 2022, Intip Kemegahan GWK di Bali

Liputan6.com, Nusa Dua - Ajang Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 ke-7 diselenggaran di Nusa Dua Bali tanggal 23-28 Mei 2022, dalam ajang itu dijadikan pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata khususnya yang ada di Pulau Bali. Ada beberapa lokasi fieldtrip delegasi GPDRR itu, salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berada di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung. 

Karya seni GWK yang terbuat dari tembaga dan kuningan dan ditopang 21.000 batang baja seberat 2.000, baut 170.000 buah itu akan dijadikan lokasi kunjungan wisata para peserta GPDRR. 

Garuda Wisnu Kencana sendiri merupakan taman budaya yang memiliki luas 240 hektare itu menggambarkan sosok salah satu dewa yang sangat dihormati oleh masyarakat Hindu di Bali yakni Dewa Wisnu yang tengah mengendarai tunggangannya, burung garuda.

Dianggap sebagai Dewa Pemelihara Alam Semesta, patung GWK memiliki makna simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Bahkan sosok garuda adalah perwakilan kebebasan dan pengabdian yang luar biasa loyal.

Wamenperekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo sendiri telah meninjau kesiapan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, untuk dikunjungi delegasi GPDRR 2022.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Simbol Penyelamatan Lingkungan

Angela menyebut Kemenparekraf akan memperkenalkan GWK sebagai salah satu destinasi wisata yang turut melestarikan budaya lokal dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai kegiatan budayanya.

“Saya harap para delegasi bisa menikamati kawasan GWK, menikmati pertunjukan budaya yang ditampilkan oleh para seniman Bali," ucap dia.

Dalam kesempatan itu dia mengaku kagum atas karya seni Patung Garuda Wisnu Kencana tersebut. Ia berharap para delegasi DPDRR senang saat mendatangi GWK.

"GWK ini dibuat sebagai simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Pas sekali dengan konsep pariwisata yang mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif," ucap Wamen Angela.

Sementara itu, selain ditawarkan sebagai fieldtrip dalam ajang GPDRR 2022, GWK juga akan digunakan sebagai lokasi acara G20 pada November 2022 mendatang. 

"GWK telah disiapkan juga untuk menyambut delegasi pada KTT G20. Penataan GWK terus dilakukan untuk mendukung pengembangan destinasi pariwisata yang berstandar internasional dan berwawasan budaya di Bali," tutur dia.