Sukses

Doa Rasulullah SAW Terhindar dari Penyakit Berbahaya, Termasuk Hepatitis Akut

Liputan6.com, Cilacap - Belum lagi virus Covid-19 sirna dari muka bumi, kini dunia dikagetkan dengan adanya penyakit baru yang tak kalah berbahaya, yakni Hepatitis akut. Berdasarkan laporan beberapa negara, penyakit ini menjangkiti anak-anak yang berusia 1 bulan sampai 16 tahun.

Menurut dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Hanifah Oswari SpA(K) menyebut bahwa penyebab penyakit hepatitis misterius pada anak ini diduga karena Adenovirus 41, SARS-CoV-2, dan virus ABV.

Dalam kondisi seperti ini, selain upaya lahiriah, seperti menjaga kesehatan dan kebersihan, juga dipelukan upaya batiniah seperti doa terhindar penyakit berbahaya ini. Salah satu doa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana dikutip dari NU Online adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Arab-Latin: “Allaahumma innii a‘uudzu bika minal barashi, wal junuuni, wal judzaami, wa sayyi’il asqaami.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

Doa ini bersumber dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang shahih.

وَرُوِيْناَ فِيْ كتابي أبي داود والنسائي بإسنادين صحيحين عن أنس رضي الله عنه : أنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، والجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ. رواه أَبُو داود بإسناد صحيحٍ

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di kitab Abu Dawud dan An-Nasa’i dengan sanad yang bagus dari Anas RA, Nabi Muhammad SAW berdoa, ‘Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.’ (HR Abu Dawud dengan sanad sahih.”

Do’a tersebut tidak secara khusus menyebut penyakit hepatitis akut atau Hepatitis misterius. Akan tetapi, dalam do’a tersebut terdapat kata ‘sayyi’il asqam’ yang menunjukkan penyakit-penyakit buruk lainnya yang bersifat umum yang tentu saja termasuk penyakit hepatitis akut misterius yang muncul beberapa waktu terakhir ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Hadis Nabi SAW dan Surat Yasin

Jadi, doa tersebut dapat dipanjatkan dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit Hepatitis akut misterius tersebut. Selain itu kta juga dapat memanjatkan doa agar kita selamat dari segala sesuatu yang berbahaya baik di langit maupun di bumi. Do’a ini berasal dari Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab-Latin: “Bismillaahil ladzi la yadhurru ma’as mihi syai’un fil ardhi walaa fis samaa’i wahuwas sami’ul ‘aliim.

Artinya: “Aku berlindung diri dengan Nama Allah SWT yang dengan-Nya tidak ada suatu apa pun dapat menimbulkan bahaya baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Do’a lain sebagaimana dikutip dari Republika.co.id, disebutkan dalam dalam kitab Ar Rahmah fi Atthib wa Al Hikmah, Imam as-Suyuthi berkata bahwa obat wabah salah satunya dapat diatasi dengan membaca doa. Beliau menganjurkan agar umat Islam membaca kalimat:

سَلاَمٌ قَوْلَ مِنْ رَبِّ رَحِيْم

"Salamun qaula min robbi rohim".

Artinya: "Kepada mereka dikatakan salam (keselamatan), sebagai ucapan selamat dari Allah Yang Maha Penyayang".

Doa tersebut berasal dari Al-Qur’an Surah Yasin ayat 58. Doa tersebut dianjurkan dibaca sebanyak 280 kali setiap hari.

Dengan perantara membaca doa itu, semoga Allah SWT menyelamatkan kita dari penyakit-penyakit beerbahaya termasuk penyakit hepatitis akut misterius yang muncul dewasa ini.

Penulis: Khazim Mahrur

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS