Sukses

Bangunkan Sahur Pakai Musik Disko, Sejumlah Pemuda Ditangkap Polisi

Petugas Polsek Muara Jawa mengamankan sejumlah pemuda yang membangunkan sahur menggunakan musik disko di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Liputan6.com, Balikpapan - Petugas Polsek Muara Jawa menghentikan aksi membangunkan sahur menggunakan musik disko di kawasan Handil 3 Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Rabu (20/4/2022) dini hari. Bahkan, belasan remaja ini sempat digelandang ke Mako Polsek Muara Jawa untuk diberikan pembinaan.

Bagaimana tidak, aksi membangunkan sahur on the road yang dilakukan belasan remaja ini sangat mengganggu warga sekitar. Dentuman musik disko yang diputar melalui speaker dengan volume tinggi ini membuat warga resah.

Selain itu, kegiatan sahur on the road menggunakan mobil pikap ini juga membahayakan bagi mereka, lantaran berjoget di atas bak mobil yang sedang berjalan.

Aksi mereka pun terhenti setelah tim Patroli Polsek Muara Jawa yang melakukan patroli antisipasi tawuran dan balap liar melihat kegiatan remaja tersebut.

“Diamankan sekira pukul 02.30 Wita, saat itu anggota patroli menjelang sahur, memang kita patroli untuk mengantisipasi balap liar dan tawuran, saat itu kami mereka melakukan aksi sahur on the road menggunakan speaker langsung diamankan,” terang Kapolsek Muara Jawa, Iptu Rachmat Andika Prasetyo, Rabu (20/4/2022).

Rachmat menyebut, dari belasan remaja yang diamankan, usia mereka masih belasan tahun juga. Bahkan ada yang berstatus masih sekolah.

“Usianya masih belasan tahun, kita lakukan pembinaan. Yang masih sekolah orang tuanya kita panggil untuk menjemput anaknya,” paparnya.

Sementara itu, kendaraan yang digunakan berupa mobil pikap diperiksa kelengkapan surat-suratnya. Jika surat-suratnya lengkap kendaraan beserta speakernya dikembali, dengan catatan tidak akan kembali lagi mengulangi perbuatannya.

“Kita hanya berikan pembinaan, semuanya kita kembalikan dengan catatan tidak lagi mengulangi perbuatan yang sama,” pungkasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Filterisasi Pengamanan

Sementara itu di Jakarta, petugas kepolisian menyaring atau melakukan filterisasi pengamanan Ramadhan untuk mengantisipasi kegiatan sahur on the road (SOTR) di sejumlah titik di wilayah Jakarta Selatan, Kamis dinihari. Informasi kegiatan filterisasi pengamanan Ramadhan ini terpantau melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro, di Jakarta, Kamis. Filterisasi dilakukan petugas dari Ditlantas Polda Metro Jaya di sejumlah titik di wilayah Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan sebelumnya mengatakan, Dirlantas Polda Metro Jaya menerapkan sistem filterisasi di 13 kawasan Jakarta pada pukul 01.00-05.00 WIB untuk mengantisipasi sahur on the road (SOTR), tawuran, balap liar, dan gangguan kamtibmas lain yang kerap muncul selama bulan Ramadhan.

Lokasi yang menjadi lokasi penerapan filterisasi yakni Jalan MH Thamrin-Sudirman, Jalan Asia Afrika, Kawasan SCBD, Jalan Mahakam-Bulungan, Jalan Gunawarman, Kawasan Monas, Kemayoran, Pantai Indah Kapuk 2, Kawasan Danau Sunter, Kawasan Kota Tua, Kawasan Kemang, Jalan Antasari dan Banjir Kanal Timur, yang telah dilakukan sejak 2 April hingga 2 Mei 2022.

Pihak kepolisian pun mendirikan pos pengamanan di 13 kawasan tersebut, apabila ada rombongan-rombongan yang dicurigai melaksanakan sahur on the road, balapan liar, tawuran, dan sebagainya, maka petugas yang berjaga di lokasi akan melaksanakan penindakan.Sebanyak 2.375 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah telah disiapkan dalam kegiatan filterisasi tersebut demi memastikan ibadah Ramadhan bisa berjalan dengan kondusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.