Sukses

Perayaan Paskah di Sumut Kondusif, Kapolda Panca Sampaikan Terima Kasih

Liputan6.com, Medan Perayaan Paskah yang dilaksanakan umat kristiani di Sumatera Utara (Sumut) berjalan aman dan kondusif tanpa adanya gangguan pada Jumat, 15 April 2022. Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, menyampaikan terima kasih.

Terima kasih disampaikan Kapolda Panca kepada seluruh masyarakat karena telah bersama-sama menjaga situasi perayaan Paskah berjalan kondusif.

"Selaku Kapolda Sumut, saya mengapresiasi terciptanya situasi perayaan Paskah tetap terjaga aman," katanya, Sabtu (16/4/2022).

Disampaikan Panca, bersama Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, sempat meninjau sejumlah gereja prioritas yang berada di Kota Medan, salah satunya Gereja Katedral.

"Peninjauan sebagai bentuk kehadiran Polda Sumut memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaat gereja yang melaksanakan ibadah Jumat Agung saat Paskah," ucap Panca.

Polda Sumut mengerahkan 4.240 personel dalam pengamanan perayaan Paskah di Sumut. Pengamanan untuk memberikan rasa aman kepada umat kristiani yang menjalankan ibadah Jumat Agung dan Paskah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Sterilisasi Gereja

Pada peringatan Jumat Agung Isa Al Masih, Jibom Gegana Brimob Polda Sumut Sumut melakukan sterilisasi gereja-gereja prioritas di Kota Medan. Jibom Gegana dibagi 3 tim, Tim 1 dipimpin AKP Sardi, Tim 2 dipimpin AKP Budi Setiawan, dan Tim 3 dipimpin Iptu Rony Sarko.

"Sterilisasi kita lakukan guna memastikan tidak ada ancaman dan gangguan teror pada saat saudara kita melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah di gereja," terang Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Hendriyanto.

Beberapa gereja prioritas yang disterilisasi Jibom Gegana antara lain Gereja HKBP Sudirman, HKBP Uskup Agung, Gereja Katedral Pemuda, GPDI Maranatha, GKPI Sriwijaya, Gereja Methodist Hang Tuah, GBIP Immanuel, dan Gereja St. Yoseph.

"Sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan, hasilnya tidak ada ditemukan bahan-bahan yang dicurigai mengandung sebagai handak," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Gunakan Alat Canggih

Personel Jibom Gegana Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan sterilisasi dan pemeriksaan di gereja dengan menggunakan alat-alat canggih dan juga pelindung tubuh yang dapat mendukung kelancaran tugas di lapangan.

"Kita berikan yang terbaik kepada saudara kita yang melaksanakan ibadah," Hendriyanto menandaskan.