Sukses

Ketika Para Komandan TNI di Garut Berlatih Multimedia dan Mahir Medsos

Menggunakan andorid yang dipandu langsung tenaga teknis profesional dari dinas, mereka diajari teknik dasar pengambilan gambar, hingga editing sederhana agar terbiasa bersosialisasi melalui media atau sosmed di dunia maya.

Liputan6.com, Garut - Untuk membantu tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat melatih para komandan rayon militer (Danramil) serta staf koramil, di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut, teknologi informasi multimedia.

Menggunakan andorid yang dipandu langsung tenaga teknis profesional dari dinas, mereka diajari teknik dasar pengambilan gambar video, hingga editing sederhana agar terbiasa bersosialisasi melalui media atau sosmed di dunia maya.

Perwira Seleksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0611/Garut, Hartono Panggabean, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan aparat wilayah terutama danramil dan babinsa, dalam mengoptimalkan fungsi multimedia sebagai sarana kampanye proktokol kesehatan (Prokes).

“Kita minta untuk dilatihkan pembuatan video secara singkat,” ujarnya, Jumat (25/03/2022).

Menurutnya, pemahaman para aparat wilayah terhadap multimedia dan dunia informasi dinilai penting, untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat secara cepat dan mudah.

“Nanti para peserta perwakilan yang hadir dapat menyebarluaskan informasi kepada anggota lainnya, sehingga bisa dipraktikkan langsung di lapangan,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penting Melek Multimedia di Era 4.0

Sub-Koordinator Pengelolaan Informasi, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Garut, Hanif Al Fajar, yang didapuk sebagai pemateri mengapresiasi kegiatan itu.

Menurutnya, program latihan lapangan dinilai penting untuk meningkatkan keterampilan serta wawasan para aparat khususnya aparat babinsa. ”Kami dari diskominfo juga memberikan materi tentang pembuatan video,” katanya.

Menurutnya, di era 4.0 saat ini sudah saatnya seluruh aparat melek terhadap multimedia hingga terbiasa melakukan bermedia sosial menyampaikan pesan kepada masyarakat.  

“Minimal keterampilan dasar untuk membuat video itu di era sekarang harus dimiliki, apalagi menyebarkanluaskan informasi yang sifatnya penting,” kata dia.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan pelatihan multimedia yang terbilang baru bagi mereka. Hal itu dibuktikan dengan peran aktif dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta.

“Keterampilan dasar untuk membuat video sangat penting dimiliki, terutama di era kemajuan teknologi seperti saat ini,” ujar dia.

Kepala Sersan Muklason, Babinsa Koramil 1111/Tarogong salah adu peserta kegiatan mengatakan, kegiatan pelatihan kali ini sangat bermanfaat, termasuk cara menyampaikan informasi di saat bencana.

“Atau bahkan yang lainnya itu bisa dipaparkan untuk kegiatan yang tadi, sehingga sangat bermanfaat sekali,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.