Sukses

Migrasi ke TV Digital, Diskominfo Garut Usul Bantuan 119.000 STB ke Warga Kurang Mampu

Diskominfo Garut mengusulkan bantuan hingga 119.000 Set Top Box (STB) bagi warga kurang mampu.

Liputan6.com, Garut - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Jawa Barat mengusulkan bantuan hingga 119 ribu Set Top Box (STB) bagi warga kurang mampu, menjelang pemberlakuan Analog Switch Off (ASO) atau peralihan TV analog ke digital akhir April tahun ini.

“Nanti soal direalisasi atau tidaknya belum ada informasi lebih lanjut,” ujar Kepala Diskominfo Garut, Muksin, seusai melakukan pengecekan lokasi pemancar yang berada di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (23/3/2022).

Seperti diketahui dalam waktu dekat pemerintah segera melakukan kebijakan Analog Switch Off (ASO) atau migrasi TV analog ke digital akhir April tahun ini. Dengan aturan itu, warga yang masih menggunakan tv tabung, memerlukan perangkat STB dalam mencari sinyal gambar digital.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk Tahap 1

Sesuai rencana, Kabupaten Garut masuk tahap 1 program ASO dalam waktu dekat, bersama dengan 11 kabupaten kota lain di Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, penggunaan STB dinilai penting untuk membantu program ASO pemerintah. Dengan aturan itu, seluruh warga segera bermigrasi menggunakan tv digital dengan keunggulan gambar lebih bersih, canggih, dan lebih jernih.

“Manfaatnya banyak terutama dalam sumber daya frekuensi,” kata dia.

Tak ayal banyak manfaat yang bisa dinikmati masyarakat seiring perpindahan saluran televisi menggunakan tv digital.

“Nanti frekuensi yang selama ini banyak dipakai oleh keperluan untuk transmisi analog, mungkin bisa dipakai untuk keperluan yang lain-lain yang lebih strategis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.