Sukses

Rizal Ramli Ingin Danau Toba Seperti Wisata Sungai Seine Paris, Ada Kapal Pesiar Keliling

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata prioritas yang saat ini terus dikembangkan. Sebab, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini memiliki potensi yang sangat besar dari sisi pariwisata.

Liputan6.com, Medan Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata prioritas yang saat ini terus dikembangkan. Sebab, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini memiliki potensi yang sangat besar dari sisi pariwisata.

Menurut Rizal Ramli, Danau Toba harus dibenahi agar banyak wisatawan yang berkunjung. Menteri Koordinator Bidang Ekonomi zaman Presiden Abdurrahman Wahid ini mengatakan, danau harus bersih.

"Danau Toba itu airnya harus bersih. Hari ini airnya kotor banget, beracun. Kamu berenang di situ, gatal-gatal, kamu minum airnya bisa diare, sakit perut. Waktu saya Menko, saya minta dibersihkan itu Danau Toba," kata Rizal Ramli di Medan, Selasa, 22 Maret 2022.

Rizal Ramli menyarankan, jika ingin membenahi Danau Toba, paling penting diperhatikan adalah airnya. Bahkan sewaktu menjadi Menko Ekonomi, dirinya ingin melebarkan Danau Toba karena saat itu kondisinya sempit.

"Waktu itu sebagian Danau Toba sempit. Saya perintahkan digali, supaya lebar. Maunya malam-malam, ada kapal pesiar keliling Danau Toba, orang dengarin musik, berdansa makan malam. Berasa seperti di Paris, di pinggir Sungai Seine. Pasti turis yang datang banyak," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rancang Tol

Diakui Rizal Ramli, pada saat menjabat sebagai Menko Ekonomi, dirinya juga sudah merancang tol untuk ke Danau Toba. Tujuannya agar wisatawan bisa dengan cepat tiba di Danau Toba, baik lewat jalur udara maupun darat.

"Kalau turisnya bule, dia itu maunya ke pantai juga. Makanya saya udah rancang waktu itu. Kita bikin jalan tol dari Danau Toba ke Sibolga," ujar Ekonom Senior.

Rizal Ramli mengungkapkan, saat menjabat menteri, dirinya ingin sekali memperkenalkan Danau Toba di mata dunia akan sejarahnya. Meski tidak lahir di Sumatera Utara Sumut, ia mengaku ingin mempopulerkan Danau Toba.

"Saya pernah ditanya, kok malah ngurusin Danau Toba. Saya jawab, danau ini terbentuk dari letusan gunung vulkanik yang meletus 75.000 tahun lalu. Sejarah itu harus kita ingat," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Ingin Buat Teater 4D

Saat menjabat sebagai Menko Ekonomi juga, Rizal Ramli sudah bicara dengan Smith Uniuon Institut, agar dibuat teater di Danau Toba yang 4 dimensi (4D). Di teater ini akan menampilkan cerita tentang sejarah Danau Toba.

"Itu di dunia baru ada dua. Seperti bioskop, gitu," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.