Sukses

BMW Jajal Pasar 'Sultan-Sultan' Solo

Produsen mobil asal Jerman membuka store di Solo untuk menggarap potensi pasar sultan yang ada di Kota Solo.

Liputan6.com, Solo - Pabrikan mobil mewah asal Jerman BMW menyasar pangsa pasar otomotif di kota kelahiran Presiden Jokowi dan daerah sekitarnya. Alasan kuat membuka mini store di Solo lantaran jumlah sultan atau orang kaya di kota tersebut cukup banyak. Bahkan, berdasarkan data jumlah penjualan pabrikan mobil mewah tersebut di Solo lebih bagus ketimbang Yogyakarta.

Bussines Consultant BMW Astra Yogyakarta-Solo, Raga Yuda Perkasa mengatakan pangsa pasar mobil BMW di Solo memang seperti pangsa pasar sultan karena jumlah peminatnya cukup banyak. Untuk menggarap pasar tersebut, pihaknya pun membuka BMW Astra Store di The Park Mall Solo baru sejak awal tahun lalu.

“Banyak sekali yang antusias. Bahkan, beberapa ada yang sudah inden untuk unit BMW,” kata dia saat peluncuruan BMW 218i Gran Coupe di BMW Astra Store The Park Mall Solo Baru, Selasa (1/3/2022).

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solo Kota Sultan

Tingginya peminat mobil mewah di Solo, disebutkan dia, karena jumlah orang kaya di Solo jumlahnya cukup banyak. Tak hanya di Solo, di daerah sekitar Solo yang mencakup wilayah Solo Raya juga banyak orang kaya yang minat dengan mobil-mobil mewah seperti BMW.

“Iya, Solo memang kota sultan. Kita untuk bandingkan dengan kota terdekat Yogyakarta, penjualan untuk Solo lebih tinggi. Jadi tingkat permintaan kosumen untuk mobil BMW lebih banyak yang Solo,” ucapnya.

Sementara itu, Sales Manager BMW Astra Wilayah Yogyakarta-Solo, Arif Setyadi menambahkan BMW Astra Store yang ada di Solo juga untuk melayani penjualan unit mobil hingga wilayah Yogyakarta. Seperti diketahui hingga saat ini Yogyakarta belum memiliki store karena di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta hanya ada dua store, Semarang dan Solo.

"Karena di Yogyakarta belum ada store, kita masih buka store-nya di Solo. Untuk area market sendiri kita rencana ekspansi di Jawa Tengah bagian selatan, terutama Yogyakarta-Solo mau dikembangin sendiri," harapnya.

3 dari 3 halaman

Launching BMW Seri Terbaru

Selain itu, menurut Arif, Solo juga dipilih sebagai kota pertama di Jawa Tengah untuk peluncuran All New BMW Seri 2 Grand Coupe. Menurutnya, mobil BMW 218i Gran Coupe Sport ini adalah produk entry level BMW yang didesain dengan sporty sesuai dengan segmen market BMW di Indonesia.

"Desain masih mengutamakan kenyamanan, penjualan BMW 218i Gran Coupe Sport itu diharapkan mampu menyamai pasaran BMW seri 3 yang masih menjadi ikon di Indonesia," kata dia.

Sedangkan, mengenai harga on the road (OTR) di Solo, dia menyebut harga mobil tersebut di kisaran Rp800 juta. Munculnya seri terbaru tersebut mendapat sambutan yang antusias dari konsumen di Solo Raya.

"Kalau untuk inden di Jawa Tengah ada cuma angka pastinya saya belum update, termasuk dari Solo juga usdah ada yang inden," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.