Sukses

Alumnus Hukum UI Dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunegara X, Siapa Dia?

Penunjukan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) sebagai penerus takhta Pura Mangkunegaran itu mengakhiri teka-teki siapa calon pengganti KGPAA Mangkunegara IX yang mangkat pada Agustus 2021 lalu.

Liputan6.com, Solo - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (24) akhirnya dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. Penunjukan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) sebagai penerus takhta Pura Mangkunegaran itu mengakhiri teka-teki siapa calon pengganti KGPAA Mangkunegara IX yang mangkat pada Agustus 2021 lalu.

Wara-wara atau pengumuman terkait kepastian putra bungsu mendiang KGPAA Mangkunegara IX dinobatkan sebagai penganti ayahnya itu diumumkan oleh Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilk Priarso kepada para wartawan yang hadir di pendapa timur Istana Pura Mangkunegaran, Solo, Selasa (1/3/2022).

Dalam wara-wara yang ditulis dengan bahasa Jawa itu menyatakan berdasarkan hasil pertemuan dengan keluarga mendiang KGPAA Mangkunegara IX memutuskan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegara X.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara Penobatan

Setelah keputusan menunjuk GPH Bhre sebagai penguasa baru Pura Mangkunegaran, tahapan selanjutnya dalam wara-wara itu disebutkan akan segera dilakukan upacara penobatan pada 12 Maret 2022, mendatang 

"Dene, tata cara adat Jumenengan Dalem badhe kalampahan ing dinten Sabtu Pahing tangal 8 Ruwah Alip 1955 utawi suryo kaping 12 Maret 2022," tulis dalam wara-wara tersebut.

Sedangkan, pada bagian bawah wara-wara berkop Pura Mangkunegaran itu tertulis dua nama, yakni GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat. Dua nama tersebut merupakan saudara kandung dari mendiang KGPAA Mangkunegara IX.

Seperti diketahui, setelah KGPAA Mangkunegara IX mangkat pada 12 Agustus 2021 lalu, muncul tiga nama yang menjadi calon penerus tahta penguasa Pura Mangkunegaran.

Adapun tiga nama itu meliputi GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro yang merupakan putra dari pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputi, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo putra bungsu KGPAA Mangkunegara dengan permaisuri, dan BRM Roy Rahajasa Yamin yang merupakan keponakan dari KGPAA Mangkunegara IX.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.