Sukses

Mau Nikmati Perjalanan Kereta Api Stasiun Garut Kota - Cibatu Gratis, Cek Jadwalnya

Kereta api lintas Cibatu-Garut pernah beroperasi dari tahun 1889-1983, sehingga uji coba ini, menjadi momen istimewa yang dinanti masyarakat Garut sejak empat dekade lalu.

Liputan6.com, Garut - Untuk pertama kalinya, masyarakat Garut, Jawa Barat, menikmati layanan uji coba kereta api (KA) stasiun Garut Kota–Cibatu secara gratis, melalui undangan secara terbatas akibat pendemi Covid-19.

"Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (pp) ini adalah perjalanan uji coba bukan launching pengoperasian KA," ujar juru bicara Daop 2 Bandung Kuswardoyo, Rabu (23/2/2022).

Menurutnya, uji coba kereta api secara gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, yang disetujui pihak manajemen, dengan memperhitungkan teknis di lapangan.

"Akhirnya diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba pada hari Kamis (24/2)," ujar dia.

Kebijakan uji coba terbatas melalui undangan ini, ujar dia, terpaksa ditempuh akibat adanya pembatasan penumpang, pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran Covid-19.

"Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba," kata dia.

Seperti diketahui, perjalanan kereta di lintas Cibatu-Garut pernah beroperasi dari tahun 1889-1983, sehingga uji coba ini, menjadi momen istimewa yang dinanti masyarakat Garut sejak empat dekade lalu.

Rencananya perjalanan uji coba gratis itu menggunakan rangkaian gerbong kereta 7 K3 dan 1KMP3, yang akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke Pasar Senen, Jakarta Pusat pulang pergi.

Adapun jadwal perjalanan uji coba pada hari Kamis, 24 Februari 2022 sebagai berikut :

Perjalanan pertama berangkat Stasiun Garut 09.00 Sampai Stasiun Cibatu 09.47 WIB. Kemudian perjalanan pulang Cibatu 10.15 sampai Garut 11.02 WIB.

Perjalan kedua berangkat Stasiun Garut pukul 11.30 sampai Stasiun Cibatu 12.17 WIB, sementara pulang ke stasiun Cibatu 12.45 sampai Garut 13.32 WIB. 

Bagi warga yang akan mengikuti uji coba gratis itu, wajib menyertakan bukti vaksinasi Covid-19 minimal tahap  pertama bagi yang berusia di atas 12 tahun.

"Syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun," ujar dia.

Sementara itu, terkait rencana pengoperasian lintas Cibatu–Garut secara resmi, sampai saat ini perusahaan masih menunggu izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hoaks Lowongan Kerja

Dalam kesempatan itu, Kuswardoyo meminta masyarakat tidak terpancing adanya tawaran kerja di stasiun Garut dan sekitarnya.

Menurutnya, saat ini KAI  tidak melakukan rekrutmen pegawai khusus untuk penempatan di wilayah Garut.

"Kami tidak pernah menugaskan pegawai kami untuk melakukan rekrutmen secara door to door, atau melalui program perekrutan lainnya, semua rekrutmen hanya melalui website kai: recruitment.kai.id," dia menegaskan.

Untuk menghindari adanya informasi yang tidak jelas, KAI berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat melalui sumber resmi yang dikeluarkan pihak perusahaan.

"Mari jadikan perjalanan kereta api Anda menjadi perjalanan yang aman, nyaman, dan sehat untuk kita semua,” ujar dia.

Sementara itu, informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi PT KAI (Persero) melalui, aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.