Sukses

Kapolda Sulut Tinjau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Minahasa Utara

Mulyatno melaporkan, vaksinasi di Provinsi Sulut secara umum sudah masuk dalam daftar 10 besar yaitu, sudah mencapai sekitar 74 persen lebih untuk vaksinasi tahap pertama.

Liputan6.com, Manado - Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak berusia 6-11 tahun, di SD Negeri 1 Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, pada Rabu (15/12/2021). Dalam kesempatan, Mulyatno berdialog interaktif dengan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto melalui video conference.

Mulyatno melaporkan, vaksinasi di Provinsi Sulut secara umum sudah masuk dalam daftar 10 besar yaitu, sudah mencapai sekitar 74 persen lebih untuk vaksinasi tahap pertama. Sedangkan, vaksinasi tahap kedua sudah mencapai sekitar 55 persen.

"Kemudian di beberapa wilayah sudah memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi kepada anak-anak. Di lokasi ini, sudah terkumpul sekitar 300 anak berusia 6 hingga 11 tahun, yang secara bergiliran mereka melakukan vaksinasi," ujar Mulyatno.

Dia mengatakan, ada 6 kabupaten dan kota di Sulut yang pelaksanaan vaksinasi untuk orang dewasa sudah lebih dari 70 persen. Kemudian untuk lansia lebih dari 60 persen, sehingga bisa dilakukan vaksinasi untuk anak-anak.

"Untuk vaksinasi orang dewasa memang ada sedikit kendala," ujarnya.

Kendala itu antara lain terkait dengan jadwal. Misalnya, para pekerja tambang biasanya hari Sabtu dan Minggu baru libur, sehingga vaksinasi dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu. Kemudian juga bagi masyarakat yang bekerja siang hari, maka pada sore dan malam hari diberikan pelayanan vaksinasi.

"Sedangkan untuk masyarakat yang ada di pedalaman-pedalaman, vaksinasi kita lakukan secara door to door," ujarnya.

Terkait pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi sejak 1 Juli hingga 14 Desember, Polda Sulut menerima vaksin sebanyak 298.033 vial, kemudian sudah dipakai 261.832, dan sisanya 36.201. Untuk perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Sulut selama ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Antusias dari masyarakat maupun dukungan dari Forkopimda Sulut juga sangat tinggi," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.