Sukses

Inovator Jabar Siap Ramaikan Produk Kreatif MotoGP 2022 di Mandalika

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menjalin komitmen dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat terkait menyumbang konsep atau gagasan produk-produk kreatif terkait MotoGP. Selanjutnya pembuatan dan pemasarannya akan dilakukan oleh masyarakat NTB.

"Produk-produk MotoGP dikerjakan oleh masyarakat NTB tapi kerja sama kreatif atau gagasannya dari anak-anak Jabar. Kami ingin saling mengisi, salah satu komitmen Jabar di NTB adalah membantu pengembangan ekonomi kreatif," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam di Hotel Jayakarta Lombok Barat, Jumat (19/11/2021).

Diketahui, penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok akan digelar Maret 2022 mendatang. Even internasional tersebut memberi semangat baru untuk terus memproduksi berbagai produk lokal yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Menurut Emil, Jabar sudah dikenal memiliki banyak komunitas kreatif. Melalui ide kreatif tersebut mereka mampu meningkatkan perekonomian. Diharapkan melalui kerja sama ini perekonomian masyarakat NTB pun turut meningkat.

"Orang Jabar kreativitasnya sudah tidak diragukan lagi maka kami ingin berbagi dengan masyarakat NTB. The power of sport tourism sangat luar biasa karena orang mau mengeluarkan lebih banyak. Ini baru urusan motor, belum yang lain," ujarnya.

Emil menuturkan, komitmen tersebut merupakan kekompakan dari para pimpinan daerah. Menurutnya, kepala daerah yang rajin menghasilkan gagasan besar akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Karena kalau kepala daerahnya kompak masyarakatnya akan sejahtera juga," ucapnya.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Nonton Langsung WSBK dari Bukit

Ridwan Kamil juga menyaksikan ajang World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Street Circuit, Lombok, pada Jumat (19/11/2021). Ida datang atas undangan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Emil memberikan pujian pada sirkuit kebanggaan Indonesia ini yang dinilainya sangat baik dan tak kalah dengan sirkuit lainnya di dunia. Selain itu menurutnya, ajang Superbike 2021 sangat tepat diselenggarakan di Indonesia saat pandemi Covid-19 sedang turun.

"Bagus sekali karena selain fasilitasnya terbaik juga diselenggarakan saat Covid-19 sedang surut sehingga mood warga NTB saya lihat di mana-mana berbahagia menyambut," katanya.

Sebelum memasuki tribun sirkuit, Emil sempat menyapa warga Lombok yang menyaksikan sesi latihan bebas Superbike di perbukitan. Ternyata menonton di atas bukit pun terlihat bagus.

"Masuknya pakai tiket, tapi Allah kasih bukit sehingga mereka yang mau nonton dari bukit bisa dan ternyata terlihat lebih bagus dari bukit," ucapnya.

Meski demikian Emil tetap memberikan lima tiket gratis agar bisa masuk tribun sirkuit. Syaratnya, warga bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkannya.

Emil berharap, Sirkuit Mandalika terus menunjukkan kemajuan terlebih pada 2022 mendatang rencananya akan digunakan untuk ajang Moto GP. Terpenting menurutnya, event olahraga bertaraf internasional yang digelar membawa dampak kesejahteraan bagi masyarakat sekitar dari sirkuitnya langsung, kuliner, penginapan, hingga cinderamata.

"Yang penting rakyat sejahtera, tujuannya itu," tuturnya.

Sebagai pencinta olahraga, Emil mengidolakan Marc Marquez pada ajang Moto GP yang kebetulan juga pernah mengunjungi Gedung Sate. "Idola di WSBK belum ada, yang mana saja yang terbaik lah. Tapi kalau Moto GP Marc Marquez, dulu pernah ke Gedung Sate," ujarnya.