Sukses

Sandiaga Uno ke UMKM: Masih Ada 3.000 Slot Dapat Rp 50 Juta dari Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya stimulus dana hingga Rp 50 juta per UMKM.

Liputan6.com, Medan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya stimulus dana hingga Rp 50 juta per UMKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, saat ini masih ada 3.000 slot untuk para pelaku UMKM yang bergerak di bidang fesyen, kuliner, kerajinan, dan lain-lain mendapatkan Rp 50 juta.

"Kita canangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Salah satu kebijakan dalam program ini stimulus bagi para pelaku UMKM, besaran maksimal hingga Rp 50 juta," kata Sandiaga di acara Pengembangan Kabupaten Kota Kreatif (KaTa Kreatif), di Medan Club, Kota Medan, Senin (8/11/2021).

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia terintegrasi pada beberapa sektor perekonomian kreatif, yang mendorong penggunaan anak bangsa. Stimulus dengan maksimal Rp 50 juta juga salah satu program dari Pemerintah Republik Indonesia untuk membantu UMKM.

"Seluruh pelaku UMKM, segera mendaftar untuk mendapatkan stimulus. Daftar langsung di Kemenparekraf. Per hari ini saya lihat slot masih sisa 3 ribu. Anggaran stimulus tersedia hingga akhir 2021," sebut Sandiaga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

UMKM Harus Berinovasi

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menggelar kegiatan-kegiatan yang membantu ekonomi kreatif di Sumut bangkit.

Disampaikannya, suasana pandemi menjadikan segala kegiatan, khususnya pemasaran produk menjadi efisien dengan menggunakan digital. Wagub Sumut berharap Kemenparekraf terus memberikan edukasi atau pelatihan kepada para pelaku UMKM agar bisa terus berinovasi.

"Kepada Bapak Menteri (Sandiaga Uno) kami berharap kegiatan ini jangan berhenti di sini. Kemajuan dunia saat ini memaksa pelaku usaha untuk terus berinovasi, baik inovasi kemasan, kualitas produk, dan lainnya," sebut Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

3 dari 3 halaman

UMKM Terus Maju

Ijeck juga berharap kepada pelaku UMKM untuk terus maju, baik di skala lokal, nasional, hingga produk tersebut bisa dikenal di negara lain. Ia juga meminta kepada Sandiaga Uno untuk mendukung pembangunan pariwisata di Sumut.

"Bukan hanya Danau Toba tapi juga Tangkahan, Bukit Lawang hingga Nias dan tanpa melupakan daerah lainnya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.