Sukses

Menanti 'Rapor Biru' Reformasi Birokrasi Kejati dan 10 Kejari di Riau

Liputan6.com, Pekanbaru - Wakil Jaksa Agung Setya Untung Arimuladi mendorong Kejati Riau dan 10 Kejari di Bumi Lancang Kuning untuk meraih wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK-WBBM). Predikat itu merupakan capaian tertinggi institusi dalam reformasi birokrasi.

Sejauh ini, Kejati Riau belum mendapatkan predikat tersebut bersama 10 kejari lainnya. Hanya dua kejari yang berhasil memperoleh karena maksimal melayani masyarakat yaitu Kejari Pekanbaru dan Kuantan Singingi.

Untung menjelaskan, kedatangannya ke Pekanbaru untuk mengevaluasi Kejati dan 10 Kejari lainnya yang tengah berusaha mendapatkan predikat reformasi birokrasi. Dua Kejari yang telah memperoleh WBK-WBBM juga tak luput dari evaluasi supaya tetap mempertahankannya.

"Apakah (Pekanbaru dan Kuansing) masih layak atau ada penurunan, intinya itu," kata Ketua Tim Pengarah Reformasi Birokrasi di Korps Adhyaksa ini, Senin siang, 25 Oktober 2021.

Untung menyatakan, Kejati Riau dan 10 Kejari lainnya yang belum WBK-WBBM sedang dinilai. Penilaian dilakukan oleh tim internal dan eksternal.

Beberapa waktu lalu, pihak Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejagung sebagai tim internal sudah melakukan penilaian. Sejauh ini, Kejati dan 10 Kejari dinyatakan lolos.

"Tapi itu baru internal, ada lagi penilaian eksternal oleh Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," kata Untung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Titip Kejaksaan

Sejak pandemi Covid-19, Riau merupakan daerah pertama yang dikunjungi oleh Untung. Dia menyebut ada chemistry di Kejati Riau karena beberapa tahun lalu pernah menjadi pimpinan di instansi di Jalan Jenderal Sudirman itu.

Untung berharap Kejati dan 10 Kejari bisa menyusul Pekanbaru dan Kuansing. Dia meminta masyarakat ikut berpartisipasi memantau kinerja bawahannya di Bumi Lancang Kuning.

"Saya titipkan Kejati dan Kejari di Riau ini," kata pria yang selama menjabat sangat dekat dengan jurnalis ini.

Setelah memberikan arahan di Kejati, Agung berkunjung ke Kejari Pekanbaru yang tahun lalu meraih WBK/WBBM. Untung memeriksa pelayanan dan ragam inovasi Kejari Pekanbaru dalam melayani masyarakat.

"Di sini sudah bagus ya," kata Untung didampingi Kepala Kejari Pekanbaru Teguh Wibowo.