Sukses

Banyak Gino Hoaks Vaksin, Kominfo Nurunke Ribuan Konten di Medsos

Kementerian Kominfo nurunke ribuan konten di media sosial, kareno banyak gino hoaks terkait vaksin.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus ngelaporke temuan berita ngolai atau hoaks, seputar vaksin COVID-19.

Hingga Rabu (29/9/2021), la ado 341 temuan hoaks yang tesebar di berbagai media sosial (medsos) dan sebarannyo la nyampe 2.174 konten.

Sebaran berita ngolake paling banyak ditemuke di Facebook. Di sano ado 1.994 konten berita ngolai seputar vaksin COVID-19.

Sementaro Twitter la posisi kedua. Dalem catatan Kementerian Kominfo, ado 107 sebaran hoaks soal vaksin COVID-19 di platform ini.

Situs berbagi video, cak YouTube dan TikTok jugo dak luput dari sasaran hoaks. Di mano, ado 43 hoaks di YouTube dan 19 di TikTok.

Terus, 11 sebaran hoaks sisonyo ditemuke Kementerian Kominfo ado di Instagram. Pihak Kementerian Kominfo la ngelakuke takedown ke segalo kabar ngolai itu.

Contohnyo postingan soal vaksin covid-19 yang la ditelusuri bener idaknyo oleh Cek Fakta Liputan6.com, yaitu postingan efek samping vaksin covid-19 yang buat Tukul Arwana ngalami pendarahan otak. Cubo baco be soal klaim vaksin itu lewat tautan ini.

*** Men nak tau kebeneran informasi yang tesebar, biso dengan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670, mudah nian dengan ngetik kato kunci yang dipengeni

 

Cubo Jingok Video Pilihan Ini Nah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Dio Cek Fakta Liputan6.com

Ngelawan hoaks samo bae ngelawan pembodohan. Itu yang ngedasari kami buat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan sampe sekarang aktif ngasihke literasi media ke masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com begabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan jadi partner Facebook. Kami jugi bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kero samo dengan pihak mano bae, dak kan mempengaruhi independensi kami.

Men kalian punyo informasi seputar berita ngolake atau hoaks yang nak kami telusuri dan verifikasi, biso be nyampeke di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Kalu nak lebih begesit dapet jawabannyo? Kontak be Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau dak klik tautan ini nah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.