Sukses

5 Oleh-Oleh Khas Pantai Gunungkidul yang Wajib Dicoba

Deretan pantai di Gunungkidul tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga memiliki potensi kekayaan alam dan kuliner yang luar biasa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Deretan pantai di Gunungkidul tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga memiliki potensi kekayaan alam dan kuliner yang luar biasa. Ada berbagai macam hasil laut di Gunungkidul yang dapat diolah menjadi aneka ragam kuliner yang lezat, mulai olahan ikan hingga peyek rumput laut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut oleh-oleh khas pantai Gunungkidul yang wajib dicoba.

1. Peyek Rumput Laut

Karang-karang di pantai Gunungkidul Yogyakarta merupakan tempat bagi rumput laut tumbuh subur. Banyak nelayan lokal yang memanen rumput laut ini untuk diolah menjadi peyek rumput laut.

Pengolahan peyek rumput laut juga terbilang sederhana. Rumput laut yang baru dipanen langsung dijemur hingga kering, agar kadar air lautnya berkurang. Setelah itu, rumput laut direbus hingga matang. Setelah matang rumput laut dapat diberi bumbu dan tepung layaknya peyek lainnya. Barulah adonan peyek rumput laut dapat digoreng dengan minyak panas.

Biasanya peyek rumput laut ini dijajakan di warung pinggir pantai dengan kemasan plastik. Satu kantong plastik peyek rumput laut dibanderol dengan harga Rp3.000 saja.

2. Peyek Udang

Udang kecil atau panami yang banyak terdapat di pantai Gunungkidul biasaya diolah untuk menjadi peyek. Udang panami memiliki tekstur daging yang padat dan kenyal.

Cara pengolahan udang panami juga tak sulit, udang hanya perlu dicuci bersih kemudian ditambahkan bumbu, setelah itu barulah udang digoreng secara berulang agar menjadi peyek udang yang renyah. Peyek udang panami di Gunungkidul biasanya dijual dengan harga Rp100.000 per kilogram.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakso

3. Bakso Ikan Laut

Bakso ini dibuat oleh warga sekitar dengan bahan baku ikan laut dan aneka bumbu-bumbuan bakso pada umumnya. Bakso ikan laut khas Gunungkidul memiliki cita rasa yang unik tanpa rasa amis.

Cara membuat bakso ini memerlukan beberapa proses, dari ikan segar kemudian direbus hingga setengah matang. Setelah matang ikan kemudian diambil dagingnya saja, durinya harus dipisahkan satu persatu.

Setelah itu, daging ikan barulah digiling dan diberi bumbu kemudian dicetak. Bakso ikan laut ini biasanya dijual dengan harga Rp20.000 per plastik.

4. Aneka Olahan Ikan Laut

Aneka olahan ikan laut renyah juga mudah ditemui di sepanjang pantai-pantai di Gunungkidul. Selain memiliki cita rasa yang lezat, ikan laut renyah olahan khas Gunungkidul juga dapat bertahan selama berhari-hari sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Bahan baku yang biasanya digunakan adalah jenis ikan lendra maupun jenis ikan lain yang memiliki badan tipis. Jenis ini dipilih karena badan ikan tak banyak menyimpan air maupun meresap minyak saat diolah, sehingga lebih awet.

Untuk harganya dapat bervariasi tergantung jenis ikan yang diolah, bisanya dibanderol dengan harga Rp70.000 hingga Rp 150.000 per kilogram.

 

3 dari 3 halaman

Landak Laut

5. Olahan Landak Laut

Olahan landak laut atau bulu babi dapat Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Ngobaran Gunungkidul. Banyak warung makan di sekitar pantai ini yang menjual aneka olahan landak laut yang banyak ditemui di tepi pantai ini.

Namun, olahan landak laut hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu. Karena butuh waktu yang lama bagi landak laut untuk memiliki daging yang banyak, sehingga pas untuk diolah menjadi masakan. Jika sedang tak musim, landak laut tak memiliki daging yang bisa dimakan.

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.