Sukses

Ustaz, Santri dan Masyarakat Balikpapan Dapat Vaksin Covid-19 dari BIN

Program vaksinasi massal digelar Badan Intelejen Negara dengan menyasar ustaz, santri, dan masyarakat umum di Kota Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Timur menggelar vaksinasi massal Covid-19 untuk santri di pondok pesantren Hidayatullah. Pondok pesantren yang berlokasi di Gunung Tembak, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan itu mendapat program vaksinasi dari BIN pada Selasa (31/08/2021).

Program ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan herd immunity dengan melibatkan BIN untuk melaksanakan vaksinasi kepada santri dan masyarakat. Selain vaksinasi massal, BIN Daerah Kaltim juga menggelar vaksinasi dengan mendatangi rumah warga.

Pada program vaksinasi di Balikpapan kali ini, disiapkan sebanyak 5 ribu dosis. Dosis tersebut terbagi untuk santri dan ustaz Ponpes Hidayatullah sebanyak 2.500 dosis, 2 ribu dosis untuk masyarakat umum yang di selenggarakan di BSSC Dome Balikpapan. Sedangkan 500 dosis untuk masyarakat umum yang dilaksanakan secara door to door di Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara.

Kepala BIN Daerah Kaltim Brigjen TNI Danni Koswara menjelaskan, untuk vaksinasi yang di berikan kepada santri pihaknya bekerjasama dengan Pondok Pesantren Hidayatullah.

"Ada 2.500 dosis yang kami siapkan untuk santri di Kota Balikpapan. Selain santri Ponpes Hidayatullah, vaksinasi juga diikuti santri dari  pondok pesantren lain dari Balikpapan," Ucapnya.

Vaksinasi kali ini memang difokuskan di Kota Balikpapan.

"90 persen pendatang masuk lewat Kota Balikpapan. Tentu ini jadi potensi besar penularan Covid-19, untuk saat ini Balikpapan masih jadi prioritas," paparnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan Ustad Hamzah Akbar mengatakan, ada 1.000 santrinya yang jadi peserta vaksinasi yang di selenggarakan BIN pada hari ini.

"Selain santri Ponpes Hidayatullah, ada santri dari Ponpes Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Ponpes As-Syifa yang juga mengikuti vaksinasi di sini," kata Hamzah.

Harapannya vaksinasi yang di selenggarakan oleh BIN yang menyasar santri maupun pelajar bisa mendukung rencana pembelajaran tatap muka (PTM), baik di kota Balikpapan maupun di Kaltim.

"Semoga saja ini bisa membentuk herd immunity, sehingga kegiatan belajar dan ibadah di pesantren bisa kembali normal," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disaksikan Presiden

Kegiatan Pemberian vaksinasi yang dilaksanakan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) di Ponpes Hidayatullah ini juga saksikan oleh Presiden Joko Widodo lewat video teleconference.

Di tempat terpisah, di Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, BIN menggelar Vaksinasi secara door to door untuk masyarakat.

Kabagdukops BIN Daerah Kaltim Kolonel Inf M Jayus menerangkan, Kelurahan Graha Indah merupakan zona merah Covid-19.

“Sampai saat ini masih tercatat sebagai Zona merah di Kota Balikpapan, Kaltim merupakan episentrum bagi penularan covid-19,” ucapnya.

Untuk Kegiatan vaksinasi langsung ke rumah warga, tambahnya, BIN harus koordinasi dengan pemerintah daerah yaitu pemerintah kelurahan tentang kesiapan sasaran.

“Kita juga  menyiapkan tim medis dan vaksin, sehingga pencapaian itu sesuai dengan target yang kita  inginkan,” katanya.

Penulis: Pegiat Cek Fakta, S Bahri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.