Sukses

Berwisata ke Yogyakarta Tetap Bisa Meski PPKM Darurat, Begini Caranya

Kini siapa pun tetap bisa berwisata ke Yogyakarta di tengah PPKM Darurat tanpa melanggar aturan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selama pemberlakuan PPKM Darurat sejumlah objek wisata di Jawa dan Bali kembali ditutup untuk wisatawan umum, tak terkecuali objek wisata di Yogyakarta. Penutupan wisata Yogyakarta berlaku mulai 3 sampai 20 Juli 2021.

Namun tenang, kini siapa pun tetap bisa berwisata ke Yogyakarta di tengah PPKM Darurat tanpa melanggar aturan. Sebuah situs jalan-jalan bernama jogja360.net bisa memfasilitasi siapa pun yang ingin berwisata ke Yogyakarta secara virtual.

Situs ini dirilis pada Februari 2021. Penggagasnya, Mona Kriesdinar dan Raliyanto. Melalui laman situs jogja360.net, orang bisa berwisata secara virtual ke berbagai objek wisata Yogyakarta, seperti candi, museum, hingga tempat belanja.

“Memang tidak bisa menggantikan pengalaman berwisata secara langsung, tapi paling tidak ada sesuatu yang baru dengan sensasi dan pengalaman yang menyerupai di kehidupan nyata,” ujar Mona, Kamis (8/7/21).

Laman jogja360.net menyajikan jalan-jalan virtual dengan gambar view 360 derajat yang cukup interaktif, bahkan pengunjung bisa menyusuri sudut-sudut Candi Sambisari atau melihat pemandangan dari Teras Merapi.

“Pengunjung bisa menyusuri lorong, sudut, atau jalanan melalui gawai atau layar komputer. Siapa pun, kapan pun dan dimana pun bisa jalan-jalan ke berbagai objek wisata,” ucapnya.

Pembuatan gambar dengan sudut pandang 360 derajat tentu bukan hal sulit bagi Mona dan Raliyanto. Dengan peralatan yang cukup memadai, mereka hanya perlu mengambil foto-foto 360 derajat dan foto-foto statis. Kemudian foto-foto itu diolah menjadi foto view 360 derajat yang apik.

Mona dan Raliyanto akan terus mengembangkan laman jogja360.net ini menjadi database virtual tour objek wisata terlengkap wilayah Yogyakarta.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.