Sukses

5 Destinasi Wisata Sungai di Yogyakarta yang Sayang Dilewatkan

Liputan6.com, Yogyakarta - Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Yogyakarta merupakan kota dengan berbagai macam destinasi wisata, mulai dari wisata budaya, alam, hingga kuliner. Keberagaman wisata Yogyakarta ini yang membuat kota ini terasa spesial dan meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjungnya.

Rasanya, Yogyakarta seperti memiliki magnet bagi para wisatawan sehingga kota ini selalu menjadi list wisata bagi kebanyakan orang.

Dari sekian banyak destinasi wisata Yogyakarta, saat ini destinasi wisata sungai di Yogyakarta juga menjadi destinasi incaran para wisatawan. Pasalnya, wisatawan dapat merasakan kesegaran alami sensasi bermain air di alam terbuka.

Berikut beberapa destinasi wisata sungai di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga

1. Blue Lagoon

Destinasi ini merupakan wisata pemandian sungai alami yang berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Untuk sampai ke Blue Lagoon, membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit jika ditempuh dari kota Yogyakarta.

Dengan membayarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang, para wisatawan dapat merasakan keseruan bermain air di sini sepuas hati dari pagi hingga sore. Pasalnya, jam operasional Blue Lagoon adalah pukul 06.00 hingga 17.00 WIB, setiap hari Senin hingga Jumat.

Dijamin wisatawan tidak akan kecewa setelah mendatangi wisata ini. Seperti memanjakan para wisatawan, Blue Lagoon dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti gazebo, musala, toilet, area parker, tempat kuliner, hingga homestay yang berada di sekitar lokasi. 

2. Ledok Sambi

Ledok Sambi merupakan destinasi wisata yang berada di Desa wisata Sambi, Yogyakarta. Ledok Sambi ini dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan beberapa fasilitas yang tentunya dapat memuaskan para wisatawan. Di sana disediakan warung kuliner, sehingga para wisatawan dapat berpiknik di pinggir sungai. Harga makanan dan minumannya pun terjangkau, berkisar Rp 4.000 sampai 18.000.

Selain piknik, di Ledok Sambi para wisatawan juga dapat melakukan kemah di pinggir sungai hanya dengan membayar Rp 35.000 per orang. Disamping itu, pengelola Ledok Sambi juga memberikan jasa sewa perlengkapan kemah, yaitu tenda dengan harga Rp 120.000 per malam.

Wisatawan bakal terpuaskan setelah mengunjungi tempat ini, masih banyak spot lain yang asyik di Ledok Sambi, seperti main air di sungai, river tubing untuk anak, tembak-tembakan dengan paint ball, hingga fasilitas outbound

3. Sungai Batu Kapal

Sungai yang berada di Klenggotan RT 01, Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul ini dijamin dapat memanjakan wisatawan dengan birunya air sungai serta eksotisnya batuan sedimen yang akan menambahkan nilai estetika saat foto diabadikan.

Sungai Batu Kapal ini merupakan aliran Sungai Opak Yogyakarta, yang juga dikelilingi dengan pohon bambu yang tentunya menambah kesejukan. Destinasi Sungai Batu Kapal juga dilengkapi fasilitas seperti toilet, area parker dan tempat duduk yang telah disediakan. Para wisatawan juga dapat menikmati indahnya wisata Yogyakarta ini sambil menyantap hidangan kuliner dari beberapa warung milik warga sekitar,

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemandian Alami

4. Grojogan Watu Purbo

Pemandian alami dengan aliran air dari Sungai Krasak ini memiliki nilai keunikan, yaitu terdapat enam tingkat air terjun buatan. Sungai yang berada di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman ini tidak menetapkan tarif khusus. Para wisatawan hanya perlu membayar biaya parker dan biaya masuk seikhlasnya.

Tidak sedikit para wisatawan yang mengabadikan momen dengan latar belakang Grojogan Watu Purbo. Pasalnya, Grojogan Watu Purbo ini dapat memberikan ilusi seolah-olah terdapat juntaian selendang kecil berwarna putih yang terpancar dari air yang mengalir melalui enam tingkat grojogan tersebut.

5. Sungai Oyo

Sungai legendaris di Jogja ini kembali menyuguhkan destinasi wisatanya yang indah. Kini di Sungai Oyo, tepatnya di Dusun Lemah Rubuh, Selopamioro, Imogiri, Bantul terdapat destinasi wisata yang Bernama Lemah Rubuh.

Di sana tersedia spot kekinian seperti gardu pandang dan tempat menyerupai sangkar raksasa yang tentunya akan menambahkan nilai estetika saat foto diabadikan. Selain bersantai di Lemah Rubuh, para wisatawan juga dapat melakukan body rafting dan juga outbound yang mengasyikan.

 

(Nurul Fajri Kusumastuti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.