Sukses

Pacu Adrenalin Berwisata Ekstrem di Yogyakarta

Bagi kalian yang suka kegiatan memacu adrenalin wajib berkunjung ke sejumlah tempat wisata ekstrem di Yogyakarta ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi kalian yang suka kegiatan memacu adrenalin wajib berkunjung ke sejumlah tempat wisata ekstrem di Yogyakarta ini. Bukan hanya memberi hiburan, beberapa wisata ekstrem di Yogyakarta ini juga tak mudah dilupakan.

Berikut sejumlah tempat wisata ekstrem di Yogyakarta yang bisa memacu adrenalin.

1. Jeep Lava Tour

Wisata jeep lava tour tampaknya sudah tidak asing bagi sebagian orang yang pernah berkunjung ke Yogyakarta. Wisatawan bisa menyusuri jalan berbatu yang cukup ekstrem di lereng Gunung Merapi, menggunakan kendaraan jip. Pengemudi jip akan membawa wisatawan menikmati sensasi offroad di jalur ekstrem. 

Mobil jip ini bisa memuat empat sampai lima orang. Wisatawan diajak berkeliling mengunjungi tempat-tempat yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi 2010.

Ada banyak penyedia jasa tur dengan mobil jip. Semua menawarkan pengalaman yang sama serunya. Harga sewa jip untuk paket lava tour ini mulai sekitar Rp350.000 sudah termasuk sopir. Sebelum ke sini, coba cek keamanan terlebih dahulu, mengingat aktivitas Gunung Merapi kini mulai meningkat.

2. Gua Jomblang 

Gua Jomblang berada di Desa Jetis Wetan, Gunungkidul. Tempat ini merupakan salah satu wisata ekstrem di Yogyakarta yang cukup menantang. Gua ini pernah dijadikan lokasi syuting variety show Twogether, bersama aktor Korea dan Taiwan, Lee Seung Gi dan Jasper Liu.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Caving Vertikal

Pengunjung bisa menikmati caving atau susur gua di tempat ini dengan teknik vertikal yang menggunakan peralatan pengamanan khusus.

Gua Jomblang memiliki empat jalur berdasarkan kedalamannya, yakni 15 meter, 40 meter, 60 meter, dan 80 meter.

Harga paket susur gua di Gua Jomblang mulai dari Rp450.000 sampai Rp 1 juta. Paket yang dipilih bervariasi dan sudah termasuk dengan peralatan, pemandu, serta makan siang.

3. Sandboarding Parangkusumo

Objek wisata alam satu ini cocok kaum yang suka berselancar. Bukan di atas air, melainkan di pasir. 

Jangan berpikir, berselancar di atas pasir lebih mudah. Sebaliknya, sandboarding sama susahnya dengan berselancar di atas ombak.

Destinasi wisata ini berada di kawasan gumuk pasir yang berada di Pantai Parangkusumo, Bantul. Wisatawan juga bisa menyewa papan untuk sandboarding sebesar Rp15.000.

4. Rafting Sungai Progo

Selain memacu adrenalin, mengarungi sungai di atas perahu karet ini pun dapat menguji kekompakan. Panjang sungai yang bisa diarungi sekitar 10 kilometer dengan durasi pengarungan 2,5 sampai 3 jam.

Jeram-jeram di sepanjang Sungai Progo Atas ini memiliki tingkat kesulitan maksimal III+ dan ketika turun hujan bisa mencapai IV. Sudah cukup menantang bukan. Wisatawan bisa mengikuti arung jeram di Sungai Progo ini dengan membayar Rp450.000.

 

Penulis: Evi Nur Afiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.