Sukses

Bergumul dengan Keindahan Negeri di Atas Awan Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta juga punya sederet tempat wisata negeri di atas awan. Wisatawan bisa merasakan sensasi melihat pemandangan alam dari ketinggian di sejumlah negeri di atas awan yang ada di Yogyakarta.

Memandangi alam yang indah dan hawa sejuk Yogyakarta dengan diselimuti kabut putih tipis-tipis adalah pemandangan yang dinanti banyak orang saat menikmati alam.

Berikut adalah beberapa wisata negeri di atas awan yang ada di Yogyakarta

1. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan ini sangat cocok dikunjungi ketika musim hujan. Kabut muncul menyerupai awan putih. 

Lokasinya di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk harga tiket masuknya dikenakan Rp2.500 per orang dan buka 24 jam setiap hari.

Pengunjung bisa berswafoto di spot yang diinginkan. Pihak pengelola negeri di atas awan Yogyakarta ini juga sangat memperhatikan tingkat keamanan pengunjung yang datang.

 

 

2 dari 4 halaman

Mangunan

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan memiliki banyak sekali jenis buah-buahan yang siap panen dan tentunya boleh dipetik dan dibeli juga dibawa pulang.

Kebun buah yang ada di Dlingo, Kabupaten Bantul ini memiliki pemandangan sungai kabut dan terkenal sebagai spot menunggu matahari terbit terbaik yang ada di Yogyakarta. 

Kebun buah Mangunan berjarak kira-kira 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan adalah Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp6.000 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

3. Bukit Panguk Kediwung

Jika ingin berwisata ke Bukit Panguk Kediwung, waktu yang paling baik pada saat matahari terbit.

Ada sekitar sembilan anjungan yang disediakan untuk spot foto dengan berbagai macam tema. Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan gumpalan kabut yang seperti awan serasa berada di negeri di atas awan.

Tempat ini sangat asyik untuk menikmati keindahan alam yang masih asri dan hijau membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. 

Tiket masuk wisata ini hanya Rp2.500 per orang. Lokasinya berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 24 kilometer. Dari bukit buah Mangunan lokasinya kurang lebih hanya empat kilometer.

 

3 dari 4 halaman

Bumi Perkemahan

4. Watu Mabur Camp

Sebenarnya Watu Mabur Camp adalah arena untuk berkemah. Lokasinya di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pihak pengelola juga menyediakan spot-spot foto yang sangat menarik seperti gardu pandang, batu tumpuk hingga jalan berujung tebing. 

Momen melihat matahari terbit adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu karena cahayanya dihiasi dengan sungai kabut.

Harga tiket masuknya adalah Rp2.500 per orang untuk wisata. Biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sementara jika ingin berkemah tarifnya Rp15.000 per orang belum termasuk sewa tenda. Jika ingin menyewa tenda, tarifnya Rp50.000 per orang.

Penulis: Evi Nur Afiah

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut ini: