Sukses

Mencicipi Sensasi Makan Jeroan Sapi Kekinian di Yogyakarta Tanpa Rasa Bersalah

Restoran jeroan di Yogyakarta ini menyediakan menu khusus olahan jeroan sapi seperti iso, babat, dan paru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Di tangan ahlinya, jeroan dapat diolah menjadi kuliner enak dan lezat. Salah satunya adalah tempat makan bernama Jeroan Jagoan di Yogyakarta. Restoran jeroan di Yogyakarta ini menyediakan menu khusus olahan jeroan sapi seperti iso, babat, dan paru. 

Masakan yang menggunakan bahan baku utama jeroan sudah banyak dijual. Di pinggir jalan pun pedagang makanan jeroan kerap bermunculan.

Namun, Chef Adzan Budiman yang bertahun-tahun bergelut dengan aneka masakan ingin menyuguhkan jeroan lebih modern dengan presentasi yang kekinian tanpa menghilangkan rasa dalam jeroan sapi.

“Menaikkan gengsi tipis-tipis. Kalau di foto enak dilihatnya, dimakan juga enak rasanya,” kata Chef Adzan saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (29/01/2021).

Menariknya, restoran jeroan di Yogyakarta yang baru dibuka pada 27 Desember 2020 tahun lalu ini meracik jeroan sapi dengan dua macam bumbu, bacem, dan gurih.

Bumbu gurih yang digunakan identik dengan kunyit. Pemilihan kunyit juga membantu menghilangkan aroma kurang sedap jeroan sapi. Sedangkan jika ingin menikmati rasa yang lebih manis bisa memilih jeroan bacem.

Dalam memasak jeroan, tidak banyak berbeda dengan proses memasak yang ada di tempat lain. Begitu pula pengolahan rasa dilakukan dengan resep yang tepat. Cocok bagi lidah semua kalangan.

Chef Adzan lebih mengedepankan bagaimana cara pengemasan (tampilan) jeroan sapi yang menarik. "Yang menarik itu malah prosesnya. Nanti jeroan ini piringnya pakai yang seperti apa lebih ke inovasi penyajian," ucapnya.

Rencananya, Jeroan Jagoan akan menambah deretan menu jeroan seperti, otak sapi, lidah sapi, dan pipi sapi.

Tak usah khawatir soal bahaya memakan jeroan. Setiap porsi dari Jeroan Jagoan dibuat apik, lengkap, dan berimbang dengan adanya serat dari tumis daun pepaya, daun kemangi segar, serundeng, serta kuah rempah  yang bisa meminimalkan dampak mengonsumsi jeroan. Selain itu, Jeroan Jagoan juga menyuguhkan aneka sambal yang diadaptasi dari masakan Jawa, Sunda, dan Bali.

Pilihan masing-masing jeroan iso, babat ,dan paru atau porsi campur ini dapat dinikmati mulai dari harga Rp18.000. Jeroan Jagoan di Yogyakarta juga tersedia di GoFood dan GrabFood dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. 

 

Penulis Evi Nur Afiah

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.