Sukses

Keliling Yogyakarta dalam 24 Jam ala Youtuber Amerika Alexander White

Liputan6.com, Yogyakarta- Seorang Youtuber Amerika, Alexander White, berbagi keseruan mengelilingi Yogyakarta hanya dalam waktu 24 jam. Selain Yogyakarta, Alexander White juga sudah menjelajahi berbagai negara yang diunggah ke akun Youtube.

Perjalanannya ke Yogyakarta dimulai dari Jakarta. Alexander White berangkat dari Jakarta dengan menggunakan luxury bus, bus tingkat dengan tipe sweet class. WNA Amerika tersebut merasakan pengalaman unik setelah 12 jam bertamasya menggunakan luxury bus.

Ia menilai sesi pemberhentian untuk istirahat di restoran merupakan suatu hal yang baru dan unik yang belum pernah dirasakan, bahkan di Amerika, negara asalnya. Layanan kafetaria akses menambah pengalaman menarik Youtuber Amerika saat bertamasya ke Yogyakarta.

Berikut deretan tempat di Yogyakarta yang disambangi Alexander White dalam waktu 24 jam

1. Jajanan Pinggir Jalan Mbah Satinem

Alexander White mengawali harinya dengan mendatangi jajanan pinggir jalan milik Mbah Satinem. Ia mengaku mengetahui jajanan legendaris tersebut melalui acara program Street Food Asia. Di jajanan Mbah Satinem, ia hanya menghabiskan Rp10.000 untuk seporsi makanan.

2. Jeep Tour Gunung Merapi

Dengan berbekal motor sewa, ia kembali melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah Lava Tour Gunung Merapi menggunakan mobil jip. Lokasi pertama yang ia datangi adalah kali bekas aliran lahar Gunung Merapi.

3. Museum Sisa Hartaku

Museum yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman ini dulunya rumah milik keluarga Watinem. Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 2010 menyapu bersih atap rumah serta sebagian harta benda milik Waltinem. Atas inisiatifnya, harta benda yang tersisa kemudian dikumpulkan dan dipajang menjadi objek di museum ini.

Melalui unggahan video Alexander White saat berada di Yogyakarta dapat terlihat di museum ini terdapat hewan ternak yang tinggal tulang belulang dan berbagai perabotan yang sudah meleleh akibat sapuan lahar panas.

 

2 dari 3 halaman

4. Bunker Kaliadem

Masih dalam rangkaian Lava Tour Gunung Merapi, Youtuber Amerika ini kemudian melanjutkan perjalanannya ke Bunker Kaliadem. Destinasi wisata yang berada di Desa Kinarejo, Sleman, Yogyakarta ini awalnya dibangun sebagai fasilitas berlindung diri. Perjalanan youtuber tersebut ditemani oleh pemandu wisata.

Pemandu wisata kemudian menjelaskan kepada Alexander White bahwa telah terjadi peristiwa memilukan di bunker tersebut, yaitu terdapat dua orang yang terjebak dan tewas di dalam bunker saat guguran lahar panas terjadi.

5. Malioboro dan Pasar Beringharjo

Sepertinya kurang lengkap jika belum mengunjungi kawasan Malioboro saat datang ke Yogyakarta. Di sisa perjalanannya, Alexander White menikmati Jalan Malioboro dengan menggunakan motor. Lalu ia melanjutkan perjalanan ke Pasar Beringharjo untuk melihat barang-barang yang memikat mata. Pada akhir perjalanannya, ia menutup pengalaman liburannya dengan menyantap makanan khas Yogyakarta.

 

(Nurul Fajri Kusumastuti)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: