Sukses

Cara Keren Anggota DPRD Sulsel Hidupkan Ruang-Ruang Kajian di Tengah Pandemi

Melalui komunitas Sons OF Adam yang ia bentuk, Anggota DPRD Sulsel Adam Muhammad menyelenggarakan kegiatan Dialektika Malam Jumat.

Liputan6.com, Makassar - Nyaris 2 tahun sudah pandemi Covid-19 menghantui Tanah Air. Sejak saat itu pula lah kegiatan-kegiatan di kampus-kampus dihentikan karena dikhawatirkan menjadi pusat penyebaran Virus Corona.

Anggota Komis C DPRD Sulsel, Adam Muhammad pun tidak tinggal diam melihat hal itu. Seiring dengan menurunnya penyebaran Covid-19 di Kota Makassar, kader Partai Gerindra ini menyelenggarakan kegiatan Dialektika Malam Jumat di rumahnya yang terletak di Kompelks YPPKG, Kecamatan Bhiringkanaya, Kota Makassar.

 

"Nama kegiatannya itu Dialektika Malam Jumat. Kenapa dialektika karena kita berharap ada proses dialog yang terjadi antar adek-adek mahasiswa sehingga bisa membuka hasanah berpikirnya mereka," kata Adam kepada Liputan6.com, Kamis (24/6/2021) malam.

Puluhan mahasiswa dan mahasiswi terlihat hadir dalam kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas yang dibentuk oleh Adam, yakni Sons Of Adam. Mahasiswa dan mahasiswi baru itu pun terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan Dialektika Malam Jumat tersebut.

"Kegiatan yang dilakukan malam ini adalah kegiatan memberikan materi kepada adek-adek mahasiswa dan calon mahasiswa yang kami rasa mungkin tidak didapatkan di bangku kuliah. Mereka ini kan sementara proses transisi, yang tadinya merupakan lulusan baru dari siswa sekolah menjadi seorang mahasiswa," jelas Adam.

Adam menuturkan bahwa dirinya membuat kegiatan ini berangkat dari rasa tanggung jawab moral, lantaran dirinya lahir dar ruang-ruang kajian. Ia pun berharap kegiatan yang ia buat ini dapat terus bergulir demi mengembangkan potensi-potensi dari anak-anak muda Makassar khususnya di Makassar bagian timur.

"Saya rasa mereka juga harus diberikan persiapan untuk masuk ke dalam dunia yang lebih nyata buat mereka, dunia yang butuh eksistensi dan kreatifitasnya mereka, makanya kita buatkan ruang-ruang seperti ini," imbuhnya. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaga Mimpi-Mimpi Anak Muda Makassar

Adam pun tidak mempunyai harapan yang muluk-muluk dengan kegiatan yang ia selenggarakan ini. Dirinya hanya berharap anak-anak muda yang ikut dalam kegiatan Dialektika Malam Jumat bisa menjadi anak muda yang produktif kedepannya.

"Targetnya sederhana sebenarnya, yaitu membuat hal yang produktif karena mereka mempunyai potensi yang bisa dikembangkan. Apalagi mereka selama ini selama dua tahun terakhir mengalami keterbatasan karena pandemi Covid-19," jelasnya.

Adam pun berharap kegiatan Dialektika Malam Jumat ini bisa terus diselenggarakan secara berkesinambungan. Adam berjanji akan terus berupaya membagi waktunya dengan kesibukannya sebagai anggota DPRD Sulsel.

"Mimpi-mimpi ini akan kami jaga, semoga pola dialognya itu tidak hanya terbatas kepada mahasiswa saja tapi kepada seluruh anak muda lainnya. Siapa tau dia merasa nyaman di sini dan membawa hal positif kepada teman-temannya. Agar ruang-ruang kajian hidup seperti sedia kala," adam memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.