Sukses

Kota Medan Untuk Pertama Kali Terapkan PPKM Mikro, 3 Lingkungan Isolasi 7 Hari

Kesungguhan Bobby Nasution dalam menekan angka sebaran Covid-19 di Kota Medan tak perlu disangsikan lagi. Dengan tegas Bobby memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di lingkungan.

Liputan6.com, Medan Kesungguhan Bobby Nasution dalam menekan angka sebaran Covid-19 di Kota Medan tak perlu disangsikan lagi. Dengan tegas Bobby memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di lingkungan.

Untuk memastikan program PPKM Mikro berjalan, Bobby Nasution mengecek langsung ke 3 lingkungan yang mulai menjalankan PPKM Mikro per Jumat, 28 Mei 2021, hingga 7 hari ke depan.

Pertama, Bobby melihat pos PPKM Mikro di Kecamatan Medan Johor, tepatnya di Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Jalan Eka Rasmi. Di sana Bobby melihat kepada rumah warga yang isolasi mandiri di Kompleks Bumi Johor Sentosa.

Bobby Nasution banyak bertanya kepada OPD terkait, seperti Camat, Lurah, hingga Kepling.

"Kita harus sungguh-sungguh, tegas dan berkoordinasi dengan baik untuk memberikan pengertian kepada masyarakat," kata Bobby ketika berkoordinasi dengan OPD langsung di lapangan.

Peninjauan juga diikuti Panglima Kodam I/BB Mayjend Hassanuddin. Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak, juga tampak mendampingi wali kota, Kapolrestabes Medan dan Dandim Medan.

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

14 Warga Isolasi Mandiri

Dari informasi yang diperoleh dari Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi, di wilayahnya ada 14 warga yang isolasi mandiri di rumah.

"Ada 14 warga dari 6 KK yang isolasi mandiri dan akan kita perhatikan. Mulai Sabtu (29/5/2021), akan kita salurkan bantuan untuk warga yang isolasi mandiri," kata Zulfakhri.

Usai meninjau PPKM Mikro di Medan Johor, Bobby Nasution bergerak menuju Lingkungan X, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, yang juga jadi titik penerapan PPKM Mikro. Bobby juga melihat hingga rumah warga yang isolasi mandiri.

Usai meninjau PPKM Mikro, Bobby Nasution menjelaskan Pemko Medan menjamin makan dan vitamin warga Medan yang isolasi mandiri di titik pelaksanaan PPKM Mikro.

"Kita pertama kali melaksanakan PPKM Mikro yang memang harus kita lakukan. Jadi kegiatan masyarakat di sini akan kita batasi mulai jam 7 malam hingga jam 6 pagi," kata Bobby.

"Jadi ini kita bersama Pak Pangdam, Kapolda, Kapolres dan Dandim melihat apakah ada kekurangan akan kita perbaiki, karena ini baru pertama kita lakukan," lanjut Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

3 dari 3 halaman

Pemko Medan Jamin Makan dan Vitamin Warga

Lantas bagaimana perlakuan Pemko Medan kepada warga yang isolasi mandiri di rumah?

"Kita akan membantu warga yang isolasi mandiri di rumah. Makannya tiga kali sehari kita jamin dan akan diantar setiap hari selama tujuh hari. Kita juga akan memperhatikan vitamin hingga gizi warga itu akan diberikan juga nanti," lanjut Bobby.

Di Kecematan Medan Selayang sendiri saat ini ada 12 warga yang terinfeksi Covid-19.

"Tadinya 14, namun dua sudah sehat. Jadi tinggal 12, sembilan di rumah isoman sisanya di rumah sakit," kata Camat Medan Selayang, Sutan Lubis.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Medan, Syamsul Nasution menjelaskan, saat ini pihaknya memilik sekitar 130 tenaga tracing.

"Bila diperlukan akan kita tambah dan itu bisa dari relawan dari Kemenkes yang akan datang ke Medan," katanya.

Di sisi lain, Kota Medan secara keseluruhan saat ini berada di zona oranye Covid-19. Menurun 1 tingkat dari zona merah.

Bobby Nasution meminta agar dalam waktu sesingkatnya seluruh wilayah Kota Medan menjadi zona hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.