Sukses

Dukungan untuk Palestina dari Bawah Laut Gorontalo

Mereka menggalang dukungan untuk Palestina dari bawah laut Gorontalo, tepat di Perairan Teluk Tomini.

Liputan6.com, Gorontalo - Semenjak konflik Palestina dan Israel yang beberapa pekan lalu pecah, berbagai dukungan datang silih berganti untuk warga Palestina, mulai dari penggalangan donasi, aksi damai hingga atraksi teatrikal.

Seperti halnya yang dilakukan sejumlah penyelam asal Provinsi Gorontalo di lokasi Wisata Hiu Paus Gorontalo. Mereka menggalang dukungan untuk Palestina dari bawah laut Gorontalo, tepat di Perairan Teluk Tomini.

Solidaritas para penyelam di Gorontalo ini berlangsung dua kali, mulai dari pagi hingga dilanjutkan siang hari. Dalam aksi itu, para penyelam membentangkan spanduk dengan bertuliskan Underwater Save Palestina saat berada dalam air.

Selain itu, sebagian penyelam ada juga yang mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina yang juga dibarengi dengan spanduk tertulis Donasi Cinta Palestina.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isyarat Dukungan Hiu Paus

Uniknya, aksi sejumlah penyelam ini disambut baik oleh hiu paus. Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus itu, sesekali mendekati dan menampakkan di belakang para penyelam seakan memberikan isyarat dukungan atas aksi mereka.

Instruktur Selam Gorontalo Wawan Iko mengatakan, selain membentangkan spanduk dan bendera, solidaritas untuk Palestina ini disuarakan dalam bentuk puisi underwater dan teatrikal sejumlah penyelam.

"Puisi bawah air tersebut menggunakan slide kertas yang dibaca sebelum menyelam dan dibuka dalam air," katanya.

"Kegiatan utama untuk menggalang donasi untuk rakyat Palestina dan akan disetor ke Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP)," tutur Wawan kepada Liputan6.com, Senin 24 Mei 2021.

Ia bersama penyelam lainnya mengutuk keras aksi kebiadaban Zionis Israel kepada rakyat Palestina. Karena hal tersebut merupakan perilaku yang mereka lakukan tidak berprikemanusiaan.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk turut membantu Palestina baik dalam bentuk moril maupun materil, sebab sebagai manusia, mereka adalah saudara kita," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.