Sukses

Menyapa Pagi dari Curug Cigetruk, Surga Tersembunyi di Cirebon

Banyak potensi alam Cirebon yang masih bisa di kelola menjadi objek wisata baru dengan menyuguhkan suasana alam berbeda dengan yang lainnya

Liputan6.com, Cirebon - Suasana Lebaran masih terasa memasuki hari keempat. Sejumlah tempat wisata di Cirebon ramai dikunjungi pengunjung. Meski sebagian besar pengunjung tersebut adalah warga lokal.

Tidak sedikit pula pengunjung datang ke wisata yang bernuansa alam dan pegunungan. Seperti yang ada di selatan Desa Mandala, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon.

Objek wisata tersebut bernama Curug Cigetruk berlokasi di daerah penyangga pariwisata antara Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Melimpahnya sumber daya alam membuat Curug yang memiliki ketinggian 27 meter tersebut menjadi salah satu potensi wisata baru.

"Curug Cigetruk ini memang belum diketahui banyak orang dan berpotensi jadi tempat wisata alam," kata salah seorang pengunjung Maulida, Sabtu (15/5/2021).

Di sekitar curug, terdapat hamparan sawah dengan pemandangan yang hijau dan asri. Untuk menuju ke lokasi ini akses jalannya cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Jika dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, jaraknya kurang lebih 20 km. Curug Cigetruk tersebut diyakini menyimpan keindahan alam yang eksotis.

"Ini destinasi wisata yang baru kami kembangkan dan sejumlah fasilitas terus kami benahi sambil berjalan dan agar semua orang tahu," ujar Humas Curug Cigetruk Cirebon Suhanan.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terasering

Di lokasi wisata, tersedia parkir motor di dalam dengan daya tampung 50 sampai 60 kendaraan. Untuk parkir mobil, pengelola wisata menyediakan lapangan dengan jarak tidak jauh dari lokasi curug.

Sebelum melihat air terjun, pengunjung disuguhi pemandangan sawah hijau dengan landscape terasering yang indah. Sembari menikmati pemandangan, suara desiran angin dan air terjun pun mulai terasa.

"Sebelum masuk pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah berlaku," ujar dia.

Menuju air terjun, pengunjung terlebih dahulu menuruni anak tangga. Pengunjung cukup mengeluarkan uang kurang dari Rp20 ribu untuk masuk ke lokasi wisata tersebut.

Dia menyebutkan, untuk tiket masuk ke Curug Cigetruk yakni Rp5.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk parkir motor Rp.2000 dan mobil Rp5.000 per unit.

"Mudah-mudahan curug ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata bagi pengunjung yang datang ke Cirebon," harap Suhanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.