Sukses

Jemaah Assyahadatain Indramayu Gelar Salat Idul Fitri Satu Hari Lebih Cepat dari Pemerintah

Liputan6.com, Cirebon - Ratusan warga dari Jemaah Assyahadatain Indramayu merayakan hari Idul Fitri hari ini Rabu (12/5/2021), satu hari lebih cepat dari yang sudah ditentukan pemerintah.

Dengan gembira jemaah menggelar salat Idul Fitri di Musala Al Barokah, Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu. Pantauan Liputan6.com di lokasi, salat Idul Fitri dimulai pukul 07.00 WIB. Sebelum melaksanakan salat sunnah Idul Fitri, para jemaah melaksanakan salat isyraq dan salat dhuha.

Jamaah Assyahadatain punya sistem perhitungan hisab sendiri, sehingga berbeda dengan pemerintah. "Memang kami ada hitungan khususnya salah satunya jika jemaah melaksanakan satu Ramadan di hari Senin jadi Syawalnya di hari Rabu jatuhnya hari ini," ujar Khotib Solat Idul Fitri Jamaah Assyahadatain Indramayu, Taslim, Rabu (12/5/2021).

Dia mengaku tidak ada yang berbeda dari rangkaian salat Idul Fitri pada umumnya dilakukan di masyarakat. Hanya saja, hari pelaksanaannya saja yang berbeda.

Taslim mengatakan, penghitungan Ramadan pada jrmaah Assyahadatain Indramayu berbeda dengan jrmaah daerah lain. Namun, secara mazhab sama dengan masyarakat pada umumnya seperti mazhab Imam Syafii.

"Istilah dalam penghitungan kami namanya Isnainiyah dan biasanya jemaah kami memang lebih dahulu satu hari dengan pemerintah setiap memasuki bulan Syawal," ujar dia.

Jemaah nampak khusyuk melaksanakan salat Idul Fitri dilanjutkan dengan khutbah Idul Fitri. Suasana penuh kehangatan terlihat meski di tengah suasana pandemi Covid-19.

Usai melaksanakan rangkaian salat Idul Fitri, mereka kemudian bersalaman dan bermaafan untuk meningkatkan silaturahmi di hari kemenangan.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: