Sukses

Kronologi Kaburnya Tahanan di Rutan Malendeng Manado

Liputan6.com, Manado - Seorang tahanan bernama Andika Stevanus Maneking (20), kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng Manado, Minggu (9/5/2021), sekitar pukul 10.55 Wita. Andika merupakan tahanan dengan kasus terkait perlindungan anak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kaburnya tahanan limpahan Polres Minahasa Utara (Minut) ini, terjadi Minggu siang. Warga sekitar Rutan Malendeng Manado sempat melihat seseorang yang berjalan di atas atap ruangan pelayanan tahanan. Dia kemudian melompat keluar bangunan. Warga sempat mengejar, tetapi tidak terkejar.

Setelah ditelusuri orang tersebut adalah Andika Stevanus Maneking. Sebelumnya, lelaki dengan nama panggilan Agus ini, meminta izin kepada petugas ke tempat pangkas rambut yang berada di dalam Rutan Malendeng Manado.

Rupanya, itu hanya akal-akalan Agus saja untuk memangkas rambut. Agus keluar melalui pintu samping dekat genset. Agar tidak terlihat, ia berjalan merunduk ke bangunan pelayanan tahanan dan memanjat tembok hingga ke atap dan berhasil melompat ke luar tembok pagar.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulut Bambang Haryanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya tahanan yang kabur dari Rutan Malendeng Manado. Bambang mengatakan, memang ada tahanan yang kabur dari Rutan Malendeng Manado. Ia menyayangkan informasi seperti ini begitu cepat viral di media sosial.

"Tapi kalau hal-hal yang bagus jarang sekali terekspos," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini Kepala Rutan Malendeng Manado Yusep Anthonius dan petugasnya sedang memburu tahanan yang diperkirakan masih bersembunyi di bukit dekat area rutan.

"Intinya petugas sedang melakukan pencarian tahanan dari Rutan Malendeng Manado tersebut dengan dibantu anggota dari TNI dan Polri," kata Bambang.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: