Sukses

Penghormatan Anak Muda Medan untuk Awak KRI Nanggala 402 Melalui Seni Mural

Sebagai bentuk penghormatan kepada para awak Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala 402, anak-anak muda di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) membuat seni mural bergambar kapal selam tersebut.

Liputan6.com, Medan Sebagai bentuk penghormatan kepada para awak Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala 402, anak-anak muda di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) membuat seni mural bergambar kapal selam tersebut.

Seni mural dibuat oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Kampung Sendiri di kawasan simpang empat Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat. Tepatnya di persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso dengan Jalan Putri Hijau.

"Mural bergambar Kapal Selam KRI Nanggala 402 ini kita persembahkan sebagai bentuk penghormatan kepada 53 kesatria penjaga Laut Nusantara," kata seorang pemural bernama Andi Syahputra, Minggu (2/5/2021).

Diungkapkan Andi, alasan dirinya ambil bagian dalam pembuatan mural KRI Nanggala 402 karena merasa berduka dengan tenggelamnya kapal selam. Andi merasa terpanggil untuk memberi penghormatan terhadap para korban KRI Nanggala 402 melalui seni mural.

"Saya juga hobi membuat mural, dan merasa terpanggil dalam pembuatan mural KRI Nanggala 402," ungkapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengingat Kepada Masyarakat

Koordinator Kampung Sendiri, Bobi Septian menerangkan, pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 selain sebagai bentuk penghormatan kepada para anggota TNI AL yang gugur, juga sebagai pengingat kepada masyarakat Indonesia.

"Kita ingin mengingatkan, 53 kesatria Laut Nusantara gugur dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, ketika hendak melaksanakan latihan penembakan torpedo di perairan Bali, Rabu, 22 April 2021," terangnya.

3 dari 3 halaman

Direspons Baik Berbagai Komunitas

Menurut Bobi, pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 merupakan karya kecil yang tidak sebanding dengan apa yang dipetaruhkan para prajurit TNI AL dalam menjaga Laut Nusantara, yang selama 40 tahun menjaga lautan Indonesia dari ancaman pihak luar.

"Alhamdulillah, setelah kami berdiskusi dengan berbagai pihak, niatan pembuatan mural KRI Nanggala 402 direspons oleh berbagai komunitas," ucap Bobi.

Pembuatan mural Kapal Selam KRI Nanggala 402 dimulai sejak Jumat, 30 April 2021. Pembuatan mural dilakukan dengan konsep kolektifan. Ada beberapa pihak yang membantu secara patungan, yakni, Kecamatan Medan Barat, Bapera Sumut, Artista, Yess Humanity, dan Kopasude.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.