Sukses

BMKG Gorontalo Keluarkan Peringatan Waspada Siklon Tropis Surigae

Liputan6.com, Gorontalo - Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Provinsi Gorontalo beberapa hari ini, membuat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo mengeluarkan peringatan dini agar warga Gorontalo mewaspadai cuaca ekstrem.

Peringatan ini juga dikeluarkan menyusul adanya fenomena alam Siklon Tropis Surigae yang melanda sebagian wilayah Indonesia, terutama wilayah Sulawesi akhir-akhir ini.

Menurut Arini Gani selaku Observer BMKG Gorontalo, fenomena alam tersebut bakal dirasakan hingga Indonesia bagian timur, utamanya adalah Provinsi Gorontalo.

"Kondisi sekarang sudah jadi siklon tropis atau biasa disebut dengan fenomena Surigae," kata Arini.

Ia mengakui, selain Gorontalo sendiri ada juga beberapa wilayah yang ikut terdampak fenomena tersebut. Di antaranya Maluku, Kalimantan, Sulawesi Utara, hingga Papua.

"Biasanya fenomena seperti ini biasanya terlihat dari cuaca yang tidak menentu dan ketika turun hujan lebat yang disertai angin kencang," ungkapnya.

Meski begitu, Arini mengaku fenomena seperti ini tidak akan berlangsung lama. Sebab, cuaca seperti ini akan menjauhi wilayah Indonesia dalam kurun waktu 3 hari saja.

"Diminta kepada masyarakat Gorontalo untuk tetap waspada dengan cuaca ini. Biasanya cuaca ini sangat berpengaruh pada gelombang laut," ia menandaskan.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: