Sukses

Wajib Dicoba, 6 Makanan Murah di Yogyakarta yang Harganya Tak Lebih dari Rp10 Ribu

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memang gudangnya makanan murah. Jangan hanya berpikir makanan murah di Yogyakarta adalah nasi kucing di angkringan.

Banyak tempat yang menawarkan ragam makanan murah di Yogyakarta. Tidak tanggung-tanggung, harganya pun tak lebih dari Rp10.000 per porsi.

Berikut adalah deretan makanan murah di Yogyakarta yang bisa dicoba

1. Roti Bakar Alfin

Penjual roti bakar biasanya pada malam hari. Namun, berbeda dengan kuliner satu ini buka sejak pukul 09.00 WIB. Setiap hari Senin sampai Sabtu, gerobak Roti Bakar Alfin dapat dijumpai di sebelah barat SD Negeri Keputran 2. Berbeda pada hari Minggu, penjual akan berpindah jualan di Alun-Alun Utara. 

Roti bakar Alfian menawarkan varian rasa seperti cokelat, keju, stroberi, sosis, hingga rasa kekinian seperti green tea.

Tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, sebab harga makanan murah di Yogyakarta ini sangat merakyat, mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per buah tergantung isi yang dipilih.

 

2 dari 4 halaman

Soto dan Gudeg

2. Soto dan Bubur Ayam Pak Heri 

Cari makan enak dan murah enggak usah pusing-pusing. Di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta terdapat gerobak yang menjual soto dan bubur ayam. Kesempatan ini bisa pengunjung dapatkan kala berhenti di daerah Barat Terminal Giwangan.

Soto dan juga bubur ayam Pak Heri rasanya bikin nagih. Tidak sekadar itu, harga makanan ini juga sangat bersahabat. Satu porsi soto atau bubur ayam hanya Rp8.000. Untuk menjadi pengingat, warung ini buka setiap hari dari pukul 17.00 sampai dengan 05.00 WIB. 

3. Gudeg WA WA WA 

Mencari gudeg tak sesulit mencari jarum dalam jerami. Karena makanan ini mudah ditemukan di mana-mana. Namun, untuk mendapatkan gudeg dengan harga murah dan enak, sepertinya Gudeg WA WA WA bisa dicoba.

Cukup merogoh kocek sekitar Rp8.000, pengunjung sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini. Gudeg WA WA WA yang berlokasi di Jalan Sumoharjo, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta buka pukul 21.00 WIB.

 

3 dari 4 halaman

Apem sampai Nasi Kebuli

4. Apem Beras Pasar Kotagede

Bertandang ke pasar Kotagede, Kota Yogyakarta tak hanya wisata sejarah, melainkan juga wisata kuliner. Pasar ini menawarkan jajanan enak dan ramah di kantong, apem beras salah satunya.

Adonan apem terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, santan, telur, ragi, serta gula pasir. Apem dimasak menggunakan tungku. Jajanan tempo dulu ini tetap eksis dan mampu bersaing dengan makanan kekinian. 

Apem beras juga bisa jadi obat kangen jajanan masa kecil. Satu porsi apem beras dijual seharga Rp1.500 dan sudah bikin perut kenyang. Lokasinya tepat di Pasar Kotagede sisi barat dan buka mulai dari pukul 16.00 WIB.

5. Bakpao Goreng 

Mencicipi bakpao pada umumnya biasa hangat dari kukusan. Namun, sudah pernahkah mencoba bakpao goreng? Kalau belum, di sekitar Pasar Kotagede, Kota Yogyakarta tepatnya di sisi timur pengunjung bisa menemukan sepeda gerobak bertuliskan Bakpao Goreng Mega Jaya.

Bakpao goreng memiliki beragam isian, mulai dari kacang hijau, cokelat, serta ayam dihargai Rp5.000. Tak perlu khawatir, gerobak sederhana ini juga menjual bakpao kukus seharga Rp3.000 per buah. Bakpao Goreng Mega Jaya buka sejak pukul 17.00 sampai 22.00 WIB. 

6. Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid 

Hanya dijual Rp 10.000, sepiring nasi kebuli daging sapi lengkap dengan lauknya bisa bikin perut kenyang. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang tepatnya di depan Dunkin Donuts. Warung ini buka dari pukul 06.30 sampai 10.00 WIB.

 

Penulis: Evi Nur Afiah

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut ini: