Sukses

24 Santri Positif Covid-19, Pondok Pesantren Al Iman Mukomuko Berhenti Beraktivitas

Pondok Pesantren Al Iman Mukomuko berhenti beraktivitas setelah 24 santrinya dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Mukomuko - Pondok Pesantren Al Iman di satuan pemukiman (SP) V Kecamatan Air Manjuto, sejak beberapa hari terakhir berhenti beraktivitas, lantaran 24 santrinya dinyatakan positif Covid-19.

"Setelah ada kejadian satu santri terkonfirmasi positif Covid-19, kemudian para santri dijemput orang tuanya untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Timsar Siregar, Senin (25/1/2021).

Timsar mengatakan, hal itu menanggapi adanya infomasi yang beredar dan menyebut Pondok Pesantren Al Iman yang tetap melakukan aktivitas belajar mengajar meskipun puluhan santri di pesantren ini dinyatakan positif Covid-19.

Ia menyatakan, bagaimana pesantren ini ingin melakukan aktivitas belajar mengajar dan mengaji jika seluruh santri yang ada di pesantren ini dipulangkan, dan khusus bagi santri yang dinyatakan positif Covid-19 dan mengikuti swab menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Para santri di pesantren ini yang dinyatakan positif Covid-19 ini bisa masuk kembali apabila hasil tes swabnya negatif.

"Pihak pesantren sebelumnya telah menggelar rapat melibatkan berbagai pihak kecamatan, polisi dan kemenag terkait dengan santri yang positif Covid-19 dan hasilnya santri dipulangkan dan mereka bisa masuk kembali ke asrama setelah hasilnya dinyatakan negatif," katanya lagi.

Timsar menyebutkan, sebanyak 392 orang santri di pondok pesantren ini sebanyak 277 orang di antaranya yang mengikuti tes usap, kemudian ratusan santri ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Sedangkan sebanyak 115 santri lainnya sampai sekarang belum masuk ke pondok pesantren tersebut, atau masih belajar sistem daring dan untuk sementara ini belajar jarak jauh.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko menyebutkan sejak beberapa hari terakhir sebanyak 34 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 24 orang di antaranya santri Pondok Pesantren Al Iman di Kecamatan Air Manjuto.

“Data yang kemarin ada penambahan 34 kasus positif Covid-19 di daerah ini, sebanyak 24 orang di antaranya santri Pondok Pesantren Al Iman Kecamatan Air Manjuto,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Desriani.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.