Sukses

Tenaga Kesehatan RS Adam Malik Medan Jalani Vaksinasi Covid-19

Liputan6.com, Medan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik yang terletak di Jalan Bunga Lau, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kesehatan.

Direktur Umum RSUP Haji Adam Malik, Zainal Safri SpPD-KKV SpJP(K) mengatakan, vaksinasi kepada seluruh tenaga kesehatan berlangsung secara bertahap dengan rata-rata 60 orang setiap harinya.

Dijelaskannya, sebanyak 1.719 tenaga kesehatan yang bertugas di RSUP Haji Adam Malik akan disuntik vaksin Covid-19 dari Sinovac. Sementara 300 tenaga kesahatan lainnya dari luar RSUP Adam Malik.

"Total, ada sekitar 2.000 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin Covid-19 di sini (RSUP Haji Adam Malik)," kata Zainal, Selasa (19/1/2021).

Diungkapkan Zainal, pihaknya berharap program vaksinasi Covid-19 di RSUP Haji Adam Malik berjalan lancar dan maksimal. Selama ini pihaknya selalu berhadapan dengan pasien, dan tidak diketahui apakah terjangkit Covid-19 atau tidak.

"Vaksinasi ini diharapkan bisa maksimal, kalau bisa 100 persen," ungkapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Proses Vaksinasi Covid-19

Proses penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan oleh 2 orang vaksinator. Mereka akan melayani 60 orang tenaga kesehatan yang menerima vaksin Covid-19 dari Sinovac setiap harinya.

"Ini akan berlangsung sampai proses vaksinasi rampung," ujarnya.

Disampaikan Zainal, pihaknya sudah mendapatkan jatah 4.000 vial vaksin Covid-19. Jumlah ini sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin di RSUP Adam Malik sebanyak 2.000 orang.

"Jadi, proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan tidak akan terganggu," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Penerima Vaksin Hari Pertama

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP Haji Adam Malik, dr Zuhrial Zubir SpPD K-AI menuturkan, jumlah penerima vaksin pada hari pertama sebanyak 48 orang. Sementara yang sudah terdaftar ada 52 orang.

"Untuk empat orang lainnya tidak bisa dilakukan vaksinasi, ada dua yang terkonfirmasi Covid-19, satu menunggu hasil Swab, satu orang lagi berhalangan hadir," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini: