Sukses

4 Korban Jiwa Longsor Sumedang Ditemukan, Jumlah Tewas Jadi 36 Orang

Sampai dengan pukul 11.23 WIB telah ditemukan empat jasad di lokasi longsor.

Liputan6.com, Bandung - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan yang melakukan pencarian korban longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, sampai dengan Senin (18/1/2021) siang, menemukan empat jasad dari timbunan longsor.

"Sampai dengan pukul 11.23 WIB telah ditemukan empat jasad di lokasi longsor," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah.

Korban pertama ditemukan tim SAR gabungan sekitar pukul 09.20 WIB bernama Abraham Sihombing (8). Selanjutnya, pada pukul 10.05 WIB ditemukan satu korban bernama Roida Manaor Tampubolon (60).

Kemudian, korban ketiga bernama Daniel Alvaro Pasaribu ditemukan tim sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu, pukul 11.23 WIB ditemukan satu korban meninggal jenis kelamin laki-laki (anak-anak) yang masih dalam identifikasi.

Deden menyebutkan, tim SAR gabungan menemukan para korban yang ditemukan berada di sektor dua atau rumah terdampak longsoran pertama. Selanjutnya, para korban dibawa ke Posko DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap untuk proses identifikasi.

Dengan demikian, total jumlah korban meninggal dunia menjadi 36 orang. Sedangkan, jumlah orang yang dilaporkan hilang sebanyak 4 orang.

"Saat ini proses pencarian masih berlangsung menggunakan 4 unit alat berat," tutur Deden.

Seperti diketahui, longsor terjadi di Desa Cihanjuang pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 16.45 WIB dan longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB.

Pada longsor kedua, korban tertimbun lebih banyak karena pada saat itu banyak warga dan tim SAR gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.