Sukses

Update Longsor Sumedang: 32 Ditemukan Tewas, 8 Korban Hilang Masih Pencarian

Liputan6.com, Bandung - Operasi pencarian korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, kembali membuahkan hasil, Minggu (17/1/2021). Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan menemukan tiga jasad korban.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, ketiga orang korban yang tertimbun material longsor dalam keadaan meninggal dunia masih dalam identifikasi.

"Ketiga korban dievakuasi menggunakan ambulans ke Posko DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap untuk dilakukan identifikasi," tutur Deden dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Korban pertama ditemukan di wilayah sektor satu atau tempat hajatan dan lapangan voli sekitar pukul 10.34 WIB. Diketahui korban merupakan seorang perempuan.

Kemudian, korban longsor berjenis kelamin perempuan lainnya ditemukan tim pada pukul 10.47 WIB. Selanjutnya pukul 12.01 WIB, tim kembali menemukan satu korban berjenis kelamin perempuan.

Hingga hari kesembilan pencarian, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan 32 orang korban meninggal dunia. Mereka masih mencari 8 orang lainnya yang diduga masih tertimbun material longsor.

"Jumlah korban meninggal dunia 32 orang. Jumlah korban dalam pencarian 8 orang," ujar Deden.

Deden mengatakan, operasi SAR hari kesembilan difokuskan pada dua sektor yaitu sektor pertama di rumah hajatan dan lapang voli serta sektor kedua di rumah terdampak pada longsoran pertama.

Adapun alat utama yang digunakan yaitu 3 unit excavator, peralatan ekstrikasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan APD personal. Unsur SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, PUPR, BPBD Provinsi Jabar & Sumedang, TNI/Polri, Tim DVI Polda Jabar, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang dan Potensi SAR Jawa Barat dengan total personel 273 orang.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini