Sukses

Wakapolri Pantau Arus ke Pelabuhan Merak dengan Helikopter

Liputan6.com, Cilegon - Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memantau arus lalu lintas dari Jakarta hingga Pelabuhan Merak, menggunakan helikopter. Menurut dia, tidak ada kemacetan atau penumpukan kendaraan, baik di jalan tol maupun arteri. Meski begitu, masyarakat yang bepergian diimbau untuk tertib berkendara, agar tidak terjadi kecelakaan.

"Tadi saya melihat dari udara, kita melihat memang arus lalu lintas di jalan tol tidak terlalu padat. Masih normal-normal saja," kata Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (24/12/2020).

Wakapolri mengatakan kalau jelang hari Natal, tidak ada kejadian menonjol di seluruh wilayah Indonesia. Jenderal bintang tiga itu berpesan kepada seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Selama libur Natal dan tahun baru (nataru), masyarakat juga diimbau tidak bepergian yang bisa menyebabkan kerumunan dan terjadi penularan Covid-19.

"Kalau secara umum di Indonesia, sampai sekarang tidak ada kejadian menonjol. Tentunya hormati aturan-aturan yang ada, dan patuhi protokol kesehatan. Semoga hingga selesai tahun baru nanti, tidak ada kejadian yang menonjol," terangnya.

Polri, TNI, Dishub, hingga PT ASDP Indonesia Ferry akan terus bersiaga selama libur Nataru hingga 4 Januari 2021. Operasi lilin kalimaya kali ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Karena terjadi pada masa pandemi covid-19, kegiatan yang dilakukan lebih banyak menekan penularan Covid-19 agar tidak tercipta klaster liburan nataru.

"Kita menghimbau kepada masyarakat, kalau bisa ya dirumah saja, tidak usah berlibur, tidak usah pulang kampung. Ya merayakan natal juga dirumah. Tapi kalaupun ada yang melakukan kegiatan berlibur dan pulang kampung, tolong dipatuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Berdasarkan, data terbaru dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, sejak tanggal 18-23 Desember 2020, total ada 228.666 penumpang yang diseberangkan. Kemudian, sepeda motor hingga truk yang diseberangkan sebanyak 54.425 unit.

Penumpang dan kendaraan yang paling banyak diseberangkan, tercatat di sepanjang tanggal 23 Desember 2020, dengan total penumpang berjumlah 49.428 orang dan 12.296 unit kendaraan.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: