Sukses

Ogah Kecolongan, Calon Penumpang Pelabuhan Merak Harus Rapid Test Antigen

Calon penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, diperiksa tes rapid antigen di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten.

Liputan6.com, Serang - Calon penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, diperiksa tes rapid antigen di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten. Pemeriksaan secara random mulai dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020, dan berakhir tanggal 4 Desember 2021 mendatang.

Beruntung, hingga kemarin tidak ditemukan calon penumpang yang positif dari hasil rapid test antigen itu.

"Setiap hari kita lakukan (tes antigen), secara random. (Hari ini) tidak ada yang positif, hasilnya negatif Covid semua," kata Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Merak pada KKP Banten, Budiman, melalui seluler, Rabu (23/12/2020).

Posko kesehatan KKP berada di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak. Mereka akan berkeliling ke seluruh dermaga secara random untuk memeriksa kesehatan para calon penumpang, baik pejalan kaki maupun di dalam kendaraan.

Menurut Budiman, kesadaran calon penumpang untuk memeriksakan diri bebas Covid-19 cukup tinggi, dengan ditemukannya ratusan masyarakat yang sudah membekali diri dengan surat bebas Covid-19, hasil pemeriksaan rapid test maupun swab test.

"Enggak ada yang positif. Beberapa penumpang ada juga yang sudah membawa surat negatif Covid-19," terangnya.

Khusus di Pelabuhan Merak, pemeriksaan kesehatan antigen juga dilakukan oleh Polda Banten melalui tim kesehatannya. Baik KKP maupun Dokkes Polda Banten, mereka menyebar di berbagai lokasi secara acak.

"Kalau posko, KKP ada di lantai 1 Dermaga Eksekutif. Kalau Polda Banten, poskonya di lantai 2," dia menjelaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.